PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN KELAS X DI SMAN 2 TRENGGALEK

FIKA ALFIANI, 126211202048 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI ENERGI TERBARUKAN KELAS X DI SMAN 2 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (260kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Energi Terbarukan Kelas X Di SMAN 2 Trenggalek” ditulis oleh Fika Alfiani, NIM 126211202048, pembimbing Nani Sunarmi, S.Si., M.Sc. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis, Hasil belajar. Penelitian ini di latarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa pada materi energi terbarukan. Hal ini dikarenakan tidak sesuainya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dan membuat kegiatan belajar mengajar hanya berpusat pada guru. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran sehingga dapat meraih pembelajaran yang optimal dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing.Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran fisika pada materi energi terbarukan kelas X di SMAN 2 Trenggalek. (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada materi energi terbarukan kelas X di SMAN 2 Trenggalek. (3) mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada materi energi terbarukan kelas X di SMAN 2 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain penelitiannya adalah non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 2 Trenggalek dan sampel penelitiannya adalah kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas memiliki jumlah siswa sebanyak 37 siswa. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah : 1) tes, 2) dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan yaitu non probability sampling yang menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan ada tiga yaitu : 1) uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), 2) uji prasyarat (uji normalitas dan uji homogenitas), 3) uji hipotesis (uji mann whitney dan uji kruskal wallis). Hasil dari penelitian ini adalah : (1) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran fisika pada materi energi terbarukan kelas X di SMAN 2 trenggalek. berdasarkan uji mann whitney diperoleh nilai signifikansinya sebesar 0,011. Karena signifikansinya 0,011 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. (2) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada materi energi terbarukan kelas X di SMAN 2 trenggalek. berdasarkan uji mann whitney diperoleh nilai signifikansinya sebesar 0,000. Karena signifikansinya 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. (3) Ada pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika pada materi energi terbarukan kelas X di SMAN 2 trenggalek. berdasarkan uji kruskal wallis diperoleh nilai signifikansinya sebesar 0,011 untuk tes keterampilan berpikir kritis sedangkan diperoleh nilai signifikansinya 0,000 untuk tes hasil belajar. karena nilai signifikansinya 0,011 < 0,05 untuk tes keterampilan berpikir kritis dan nilai signifikansinya 0,000 < 0,05 tes hasil belajar maka Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211202048 FIKA ALFIANI
Date Deposited: 14 Aug 2024 04:23
Last Modified: 14 Aug 2024 04:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50906

Actions (login required)

View Item View Item