STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN EKONOMI DI INDUSTRI GENTENG DESA SAMBIJAJAR KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG

SEPTIAWAN REFIADI PUTRA, 12402173626 (2024) STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN EKONOMI DI INDUSTRI GENTENG DESA SAMBIJAJAR KECAMATAN SUMBERGEMPOL KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Promosi dalam Meningkatkan Ekonomi di Industri Genteng Desa Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Septiawan Refiadi Putra NIM. 12402173626, Pembimbing: Suminto, M.Pd.I. Promosi merupakan kegiatan terpenting yang berperan aktif dalam memperkenalkan, memberitahukan, dan mengingatkan kembali manfaat suatu produk agar mendorong pelanggan untuk membeli produk yang dipromosikan tersebut. Strategi Promosi Genteng Desa Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung penting dilakukan dalam rangka meningkatkan ekonomi. Dengan perkonomian yang meningkat tentu berdampak bagi perkembangan industri. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi promosi Advertising dan Personal Selling yang diterapkan Industri Genteng Desa Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? (2) Apa saja kendala strategi promosi yang diterapkan Industri Genteng Desa Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana dampak strategi promosi bagi peningkatan ekonomi di Industri Genteng Desa Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (case research). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui kondensasi data, penyajian data (data display), verifikasi/ penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi dan perpanjangan kehadiran. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Strategi Promosi Advertising dan Personal Selling yang diterapkan industri Genteng Desa Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung adalah a) Strategi promosi Advertising dengan cara memanfaatkan media sosial Facebook, Instagram dan WhatsApp, b) Strategi promosi Personal Selling secara online dan offline, secara online yaitu langsung dengan memesan melalui telepon dan whatsapp serta inbook facebook. Secara offline dengan mulut ke mulut/ gepok tular (word of mouth) dan memajang produk genteng di depan lokasi industry genteng. (2) Kendala Strategi Promosi yang Diterapkan Industri Genteng Desa Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung adalah a) Kendala strategi promosi Advertising tidak memanfaatkan billboard dan radio, iklan kurang menarik dan kreatif, dan masih gagap teknologi, b) Kendala strategi promosi Personal Selling yaitu karakter konsumen Industri Genteng Desa Sambijajar yang bermacam-macam dan banyaknya persaingan industri yang sama dan sejenis. (3) Dampak Strategi Promosi bagi Peningkatan Ekonomi di Industri Genteng Desa Sambijajar Kecamatan Sumbergempol Kabupaten Tulungagung adalah a) Penghasilan/omset penjualan dan laba usaha industri Genteng Desa Sambijajar terus meningkat, b) Meningkatnya produksi di industri Genteng Desa Sambijajar, c) Mendekatkan hubungan antara konsumen dan pemilik industri Genteng Desa Sambijajar, d) Jumlah konsumen industri Genteng Desa Sambijajar yang terus mengalami peningkatan. Kata kunci: Strategi Promosi, Peningkatan Ekonomi, Industri

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Pemasaran
Ekonomi > Strategi Pemasaran
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Ekonomi > UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 12402173626 SEPTIAWAN REFIADI PUTRA
Date Deposited: 15 Aug 2024 01:56
Last Modified: 15 Aug 2024 01:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50990

Actions (login required)

View Item View Item