KORELASI HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF MATA PELAJARAN ASWAJA DENGAN SIKAP TASAMUH SISWA DI SMK NU 1 BABAT

NI'MATUS SALAMAH, 126201203217 (2024) KORELASI HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIF MATA PELAJARAN ASWAJA DENGAN SIKAP TASAMUH SISWA DI SMK NU 1 BABAT. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (907kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (488kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (657kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (715kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (527kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Ni’matus, Salamah. 2024. Korelasi Hasil Belajar Aspek Kognitif Mata Pelajaran Aswaja Dengan Sikap Tasamuh Siswa di SMK NU 1 Babat. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Hj. Luluk Atirotu Zahroh, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Korelasi, Aspek Kognitif, Sikap Tasamuh Hasil belajar pembelajaran mempunyai dua kategori penting yaitu, perubahan tingkah laku siswa dan hasil belajar berupa pengetahuan siswa, emosi dan fisik diri. Dalam aspek kognitif terdapat enam kategori, yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sintesis dan evaluasi. Tasamuh, merupakan sikap tenggang rasa dan menghargai perbedaan antar manusia. Toleransi penting untuk menjaga persatuan dan kesatuan umat manusia. Di tasamuh, perbedaan satu sama lain dihargai dan dihormati. Di SMK NU 1 Babat sikap tasamuh siswa tergolong tinggi, Dimana terdapat mata pelajaran aswaja yang yang membedakan dari sekolah lain pada umumnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui hasil belajar aspek kognitif mata Pelajaran aswaja di SMK NU 1 Babat, (2) Untuk mengetahui sikap tasamuh siswa di SMK NU 1 Babat, (3) Untuk mengetahui korelasi antara hasil belajar aspek kognitif mata Pelajaran aswaja dengan sikap tasamuh siswa di SMK NU 1 Babat. Pendekatan penelitian yang digunakan peneliti ini adalah metode penelitian kuantitatif korelasional. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 57 siswa. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling dimana sampel dari setiap kelas dipilih secara random dengan jumlah yang berbeda disetiap kelasnya. Teknik pengumpulan data dengan melakukan test, angket dan dokumentasi. Dalam membuktikan dan menganalisis data peneliti menggunakan uji validitas, reliabilitas sebagai uji pra penelitian, uji normalitas, linieritas sebagai uji prasyarat, serta uji korelasi untuk uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Hasil belajar mata Pelajaran Aswaja di SMK NU 1 Babat mendapatkan nilai rata-rata 84 dengan standar devisiasi 3 dan variasi data 9 dari jumlah sampel sebanyak 57 siswa. Dapat diketahui bahwa hasil belajar mata Pelajaran Aswaja siswa termasuk pada kategori sedang, (2) Berdasarkan hasil perhitungan statistik deskriptif disimpulkan bahwa sikap tasamuh siswa SMK NU 1 Babat tergolong baik, (3) Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan hasilnya tidak terdapat hubungan antara hasil belajar mata Pelajaran aswaja dengan sikap tasamuh siswa di SMK NU 1 Babat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201203217 NI'MATUS SALAMAH
Date Deposited: 14 Aug 2024 07:49
Last Modified: 14 Aug 2024 07:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/50997

Actions (login required)

View Item View Item