PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AR (Augmented Reality) UNTUK MENSTIMULUS ATENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG FASE A

DYAH AYU IMANINGTYAS, 126205202159 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ULAR TANGGA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AR (Augmented Reality) UNTUK MENSTIMULUS ATENSI SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG FASE A. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (934kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (504kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Imaningtyas, Dyah Ayu. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Menggunakan Teknologi AR (Augmented Reality) untuk Menstimulus Atensi Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Fase A. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Septinaningrum, M.Pd. Kata Kunci : Pengembangan, Ular Tangga, Augmented Reality Media pembelajaran memiliki peran penting dalam menunjang tercapainya tujuan pembelajaran. Media pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa dapat meningkatkan indeks keberhasilan pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti pada salah satu lembaga pendidikan SDIT Al-Asror Ringinpitu Tulungagung, atensi siswa selama kegiatan pembelajaran masih kurang terutama pada mata pelajaran matematika. Hal tersebut dikarenakan guru jarang menggunakan media yang variatif dan cenderung terpaku pada buku pelajaran atau buku LKS. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa selama proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis kebutuhan, desain rancangan media, proses pengembangan, proses implementasi, dan evaluasi media pembelajaran ular tangga menggunakan teknologi AR (augmented reality) pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang fase A kelas II SD/MI. Pendekatan penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development. Model pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model ADDIE yang melalui lima tahap yaitu analisis, desain, development/pengembangan, implementasi, dan evaluasi. teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Uji coba produk dilakukan 2 kali yaitu uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pengembangan media pembelajaran ular tangga menggunakan teknologi AR (augmented reality) pada mata pelajaran matematika materi bangun ruang fase A kelas II SD/MI mendapatkan hasil persentase validasi dari ahli materi sebesar 90,6%, ahli bahasa 93% dan ahli media 92% dengan kriteria masing-masing “sangat baik”. Hasil uji lapangan berdasarkan respon siswa diperoleh presentase sebesar 91,5% dengan kriteria sangat baik, dan hasil belajar peserta didik berdasarkan perbandingan total nilai pretest 1270 dan total nilai posttest 1750 terdapat peningkatan sebesar 45,7%. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa media yang dikembangkan layak dijadikan sebagai media pembelajaran dan dapat menstimulus atensi siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202159 DYAH AYU IMANINGTYAS
Date Deposited: 16 Aug 2024 02:36
Last Modified: 16 Aug 2024 02:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51000

Actions (login required)

View Item View Item