DEVIANA LUMITA SARI, 126304202070 (2024) STRATEGI ADAPTASI MEDIA CETAK RADAR GRESIK DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSINYA DI ERA DIGITALISASI. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (171kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (522kB) |
Abstract
Radar Gresik merupakan salah satu perusahaan media massa cetak lokal yang bisa bertahan di era digital. Di mana media massa saat ini dihadapkan tantangan yang serius karena masyarakat lebih memilih media digital sebagai sumber informasi mereka. Di tengah maraknya media cetak yang gulung tikar, justru media cetak Radar Gresik kini semakin eksis dan menjadi media mainstream nomor 1 di kota Gresik. Penelitian ini berfokus pada 2 hal, yaitu Apa Strategi Radar Gresik untuk mempertahankan eksistensinya di era digital, dan apa saja faktor yang menjadi tantangan Radar Gresik dalam mempertahankan eksistensinya?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi media cetak Radar Gresik dalam mempertahankan eksistensinya di era digital, juga untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi tantangan yang dihadapi radar Gresik dalam mempertahankan eksistensinya di era digital. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif, dengan jenis deskriptif kualitatif, dan pendekatan studi kasus. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori konvergensi media. Hasil dari Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam mempertahankan eksistensinya, Radar Gresik telah melakukan konvergensi media sebagai upaya untuk bertahan di era digital. Peneliti menggambarkan Strategi yang dilakukan oleh radar Gresik dalam 4 bentuk konvergensi yang berkaitan satu sama lain, diantaranya; 1) konvergensi teknologi (multiplatform), 2) konvergensi professional (multitasking), 3) konvergensi konten (multimedia), and 4) konvergensi bisnis. selain itu, terdapat juga tantangan yang membuat pelaksanaan strategi konvergensi media belum maksimal, yaitu perubahan kebijakan pola kerja, kurangnya SDM professional, dan teknologi yang canggih. Kata kunci : Media Cetak, Strategi Konvergensi Media, Era Digital
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Komunikasi Islam Penyiaran Islam Teknologi Informasi Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | 126304202070 DEVIANA LUMITA SARI |
Date Deposited: | 30 Aug 2024 07:21 |
Last Modified: | 30 Aug 2024 07:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51014 |
Actions (login required)
View Item |