IKA ROSIANA PUTRI, 126204203158 (2024) HUBUNGAN KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL KELAS VIII SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (696kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (454kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (699kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (621kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (540kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (336kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Literasi Numerasi harus dikuasai untuk meningkatkan daya saing dalam menghadapi tantangan abad ke–21. Kemampuan literasi numerasi diartikan sebagai kemampuan siswa dalam mendeskripsikan infomasi yang berkaitan dengan angka atau matematika kemudian merumuskan suatu permasalahan, menganalisis dari masalah tersebut dan menemukan penyelesaiannya. Namun, kesulitan membaca dan menganalisis informasi dari bentuk grafik dan data masih dialami oleh peserta didik tingkat SMP. Kemampuan menghitung sebagai konsep dasar matematika mungkin telah dikuasai oleh peserta didik namun kecakapan peserta didik dalam menggunakan konsep tersebut saat menyelesaikan masalah dalam konteks sehari-hari masih rendah dan hal ini akan berdampak pada hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hubungan antara kemampuan literasi numerasi dengan hasil belajar siswa materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung, (2) untuk mengetahui besar hubungan antara kemampuan literasi numerasi dengan hasil belajar siswa materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VIII-B dan VIII-E. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Pada penelitian ini analisis data menggunakan uji korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang signifikan dan kuat positif antara kemampuan literasi numerasi dengan hasil belajar siswa materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung, (2) besar hubungan kemampuan literasi numerasi dengan hasil belajar siswa materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung yaitu 53,5%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Linear Matematika Matematika > Variabel |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204203158 IKA ROSIANA PUTRI |
Date Deposited: | 16 Aug 2024 05:06 |
Last Modified: | 16 Aug 2024 05:06 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51034 |
Actions (login required)
View Item |