SENI TARI DALAM MENSTIMULUS MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI

DESI DWI CANDRA, 12206193040 (2023) SENI TARI DALAM MENSTIMULUS MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Desi Dwi Candra, NIM 17206153031. Seni Tari Dalam Menstimulasi Motorik Kasar Anak Usia Dini. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Alu Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Bapak Germino Wahyu Broto, M.Pd. Kata kunci : Seni Tari, Motorik Kasar Seni tari mempunyai peranan sebagai media ekspresi, berfikir kreatif, mengembangkan bakat dan juga merupakan media komunikasi. Seni tari menjadi media yang sangat efektif untuk menampung dan mengontrol gerakan-gerakan anak. Anak diberi kebebasan dan keleluasaan dalam mengekspresikan gerak menurut ide mereka. Ditemukan beberapa anak yang mengalami keterlambatan perkembangan motorik kasar pada usianya, keterlambatan tersebut dapat dilihat ketika anak melakukan aktifitas fisik seperti dalam pembelajaran yang melibatkan aktifitas fisik, senam, bermain, olaharaga, dan dalam ekstrakurikuler seni tari. Oleh karena itu penelitian ini akan menjawab fokus penelitian. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana perencanaan seni tari dalam menstimulasi motorik kasar anak usia dini?. 2) Bagaimana proses seni tari dalam menstimulasi motorik kasar anak usia dini?. 3) Bagaimana evaluasi seni tari dalam menstimulasi motorik kasar anak usia dini?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan perencanaan, proses, serta evaluasi dalam kegiatan seni tari dalam menstimulasi motorik kasar anak usia dini di PAUD Salam Tholabul Ilmi. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif jenis penelitian lapangan dengan hasil data disajikan secara Deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik mereduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjang pengamatan, peningkatan ketekunan, model triagulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perencanaan seni tari dalam menstimulasi motorik kasar dimulai dengan merencanakan materi pembelajaran tari dalam bentuk RPP, pemilihan media yang akan digunakan (seperti peralatan untuk menari, speaker aktif, ruangan), dan pemilihan metode dalam penyampaian materi tari. 2) Proses seni tari dalam menstimulasi motorik kasar anak usia dini di PAUD Salam Tholabul Ilmi metode demonstrasi atau modelling, kemudian anak melakukan observasi, selanjutnya menirukan gerakan yang sudah di sampaikan. Metode ini dipilih karena lebih tepat untuk penyampaian materi pada anak. Selain itu dalam pemberian materi hanya 3-4 gerakan saja, jika anak belum hafal akan mengulangi gerakan sebelumnya kemudian baru menambahkan gerakan baru. 3) Hasil evaluasi seni tari dalam menstimulasi motorik kasar anak usia dini di PAUD Salam Tholabul Ilmi adalah yang pertama sumber data primer yang berupa wawancara dan obsevasi, yang kedua sumber data sekunder berupa dokumen yakni RPP, hasil kejuaraan, catatan anekdot.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Gaya Belajar
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193040 DESI DWI CANDRA
Date Deposited: 15 Aug 2024 02:01
Last Modified: 15 Aug 2024 02:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51048

Actions (login required)

View Item View Item