LALU GEDE MUHAMMAD ZAINUDDIN ASTANI, 12950121022 (2023) PERILAKU KEPEMIMPINAN PERGURUAN TINGGI KEAGAMAAN ISLAM SWASTA DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Multikasus pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Darussalimin Nahdlatul Wathan Praya dan Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Wathan Samawa). [ Disertasi ]
Text
COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (274kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (273kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (475kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (815kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (801kB) |
|
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (345kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Tidak dapat dimungkiri bahwa pemimpin pada umumnya memainkan peran penting dalam mengelola urusan anggota kelompok/organisasi/institusi yang ia pimpin. Kenyataan ini mengonfirmasi bahwa para pemimpin memiliki tugas besar untuk mengarahkan anggota atau pengikutnya ke arah tertentu. Oleh karena itu, kebijakan, peran, dan strategi kepemimpinan bagi seorang pemimpin sangat penting untuk mencapai tujuan dan keberhasilan organisasi. Fokus Penelitian ini terdiri dari 1) Bagaimana kebijakan kepemimpinan perguruan tinggi keagamaan Islam swasta dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Darussalimin NW Praya dan Sekolah Tinggi Agama Islam NW Samawa? 2) Bagaimana peran kepemimpinan perguruan tinggi keagamaan Islam swasta dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Darussalimin NW Praya dan Sekolah Tinggi Agama Islam NW Samawa? 3) Bagaimana strategi kepemimpinan perguruan tinggi keagamaan Islam swasta dalam meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Darussalimin NW Praya dan Sekolah Tinggi Agama Islam NW Samawa? Kajian ini merupakan kualitatif dengan desain multikasus. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan tiga teknik, yaitu: wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Kajian ini menggunakan prosedur analisis interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kebijakan kepemimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta dalam meningkatkan mutu pendidikan mencakup: (1) Revitalisasi Tertib Administrasi; (2) Revitalisasi Dokumentasi Kegiatan; (3) Mengaktifkan Tri Dharma Perguruan Tinggi; (4) Pengembangan Sumber Daya Manusia; (5) Pengembangan Kreativitas Mahasiswa; (6) Memperkuat Kolaborasi dan Jalinan Kemitraan; (7) Mengupayakan Beasiswa; (8) Pengembangan Kompetensi Lulusan; (8) pengembangan Kompetensi Lulusan; (9) Rekrutment Calon Dosen Sesuai Kebutuhan. 2) Peran kepemimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta dalam meningkatkan mutu pendidikan mencakup: (1) manajerial (management); (2) pengembangan (depelovment); (3) menjembatani atau memfasilitasi (connecting/facilitating); (4) memotivasi (motivating), (5) kolaborasi (collaboration), dan (6) mendistribusikan (distribution). 3) Strategi kepemimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta dalam meningkatkan mutu pendidikan mencakup: (1) Alih Status; (2) Perencanaan; (3) Evaluasi Berkala; (4) Membangun Dialog dengan Berbagai Stakesholder
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 12950121022 LALU GEDE MUHAMMAD ZAINUDDIN ASTANI |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 04:01 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 04:01 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51067 |
Actions (login required)
View Item |