ROFI'ATUL KHASANAH, 126204202126 (2024) PENGARUH MULTIMEDIA INTERAKTIF EDU MATH PELUANG DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK .pdf Download (648kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI .pdf Download (487kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (863kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (890kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (933kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (354kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Download (431kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Multimedia Interaktif Edu Math Peluang dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Rofi’atul Khasanah, NIM. 126204202126, Pembimbing Skripsi: Beni Asyhar, S.Si. M.Pd. Kata Kunci: Multimedia Interaktif Edu Math Peluang, Kemampuan Komunikasi Matematis, Peluang. Kemampuan komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa karena dapat menjelaskan pemahaman matematis siswa secara mendalam. Kemampuan komunikasi yang dimiliki siswa harus mampu berperan secara optimal dalam perkembangan pemahaman siswa itu sendiri. Pada era digital saat ini, multimedia interaktif menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika yang mencakup komunikasi matematis. Dengan menggunakan multimedia interaktif, siswa dapat belajar secara lebih visual, interaktif, dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalidawir Tulungagung yang menggunakan multimedia interaktif edu math peluang, (2) mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalidawir Tulungagung yang menggunakan media konvensional uang koin, dadu, dan kartu bridge, (3) mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalidawir Tulungagung yang menggunakan multimedia interaktif edu math peluang dengan yang menggunakan media konvensional uang koin, dadu, dan kartu bridge. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperiment (eksperimen semu) dengan model desain Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalidawir Tulungagung. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan X-2 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan teknik random sampling atau sampel acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji independent sample t-test (uji-t) dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas eksperimen cukup tinggi dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa, diperoleh nilai minimun 50, nilai maksimum 100, dan rata-rata nilai tes kemampuan komunikasi matematis siswa 70,56 dengan standar deviasi 17,33 (2) kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas kontrol sedang dengan jumlah sampel sebanyak 30 siswa, diperoleh nilai minimun 33,33, nilai maksimum 100, dan rata-rata nilai tes kemampuan komunikasi matematis siswa 62,78 dengan standar deviasi 19,91 (3) ada perbedaan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan multimedia interaktif edu math peluang dengan siswa yang menggunakan media konvensional uang koin, dadu, dan kartu bridge dengan nilai t_hitung=2,39≥t_tabel=1,672, sehingga ada pengaruh yang signifikan multimedia interaktif edu math peluang terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas X SMA Negeri 1 Kalidawir Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika Matematika > Masalah Matermatika Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Mutu Pendidikan Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 126204202126 ROFI'ATUL KHASANAH |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 08:32 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 08:32 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51111 |
Actions (login required)
View Item |