PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI QUORA SEBAGAI MEDIA DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN LITERASI BACA TULIS BAGI GENERASI Z

MARSA UTARI PUTRI SRIONO, 126310203085 (2024) PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI QUORA SEBAGAI MEDIA DIGITAL DALAM PENGEMBANGAN LITERASI BACA TULIS BAGI GENERASI Z. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (733kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (525kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (623kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (689kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dampak adanya isu fenomena industri 4.0 dengan munculnya media digital dengan perkembangan teknologi adalah aplikasi quora yang dapat dimanfaatkan untuk pengembangan literasi yang menekankan pengelaman berbagai subjek dengan berbasis data, fakta dan pengetahuan praktis. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan aplikasi quora sebagai media digital dalam pengembangan literasi baca tulis bagi generasi z. Penelitian ini menggunakan teori Technology Acceptance Model yang dikemukakan oleh Davis dan teori Gerakan Literasi Nasional yang dikemukakan oleh kemendikbud. Penelitian ini menggunakan paradigma positivismen dan pendekatan kuantitatif dengan melakukan observasi, penyebaran kuesioner, dan dokumentasi. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 responden yang merupakaan generasi z pengguna aplikasi quora dengan teknik purposive sampling yaitu di mana peneliti memilih sampel berdasarkan pengetahuan penelitian tentang sampel yang akan dipilih. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Uji keabsahan data dilakukan dengan melakukan uji validitas dan uji reliabilitas terhadap 30 butir pernyataan dengan hasil valid dan reliabel. Sedangkan teknik analisis daya yang dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi, dan uji hipotesis. Penelitian ini menggunakan teknik analisis uji regresi linear sederhana untuk menguji hipotesis penelitian dengan melakukan uji koefisien determinasi, dan uji t. Hasil perhitungan R square 0,529 yang menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang berhubungan antara penggunaan aplikasi quora sebagai media digital dan pengembangan literasi baca tulis bagi generasi z sebesar 0,471 dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan aplikasi quora sebagai media digital dalam pengembangan literasi baca tulis bagi generasi z adalah baik. Kata kunci: generasi z, literasi baca tulis, quora

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Media Sosial
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam
Depositing User: 126310203085 MARSA UTARI PUTRI SRIONO
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:05
Last Modified: 19 Aug 2024 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51112

Actions (login required)

View Item View Item