PENERAPAN METODE GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA PESERTA DIDIK KELAS III MIN PANDANSARI NGUNUT

MUFIDATUR ROSIDAH, 2817133112 (2017) PENERAPAN METODE GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA JAWA PESERTA DIDIK KELAS III MIN PANDANSARI NGUNUT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (696kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Gallery Walk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa Peserta Didik Kelas III MIN Pandansari Ngunut” ditulis oleh Mufidatur Rosidah, NIM 2817133112, dibimbing oleh Mustofa S.S., M.Pd. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Gallery Walk, proses belajar, hasil belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh ditemukan permasalahan dalam pembelajaran bahasa Jawa yaitu rendahnya penerapan menulis huruf Jawa peserta didik. Sebagai contoh tampak terlihat ketika pelajaran bahasa Jawa, sebagian besar peserta didik kelas III MIN Pandansari Ngunut belum mampu menulis huruf aksara Jawa dengan benar, minat peserta didik dalam pembelajaran juga masih kurang sehingga mengakibatkan hasil belajar peserta didik rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan metode pembelajaran gallery walk diharapkan penguasaan menulis huruf Jawa peserta didik meningkat sehingga hasil belajar bahasa Jawa juga meningkat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimanakah proses meningkatkan belajar bahasa Jawa peserta didik kelas III MIN Pandansari Ngunut melalui penerapan metode gallery walk? (2) Bagaimanakah hasil meningkatkan belajar bahasa Jawa peserta didik kelas III MIN Pandansari Ngunut melalui penerapan metode gallery walk?. Adapun tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil meningkatkan belajar Bahasa Jawa peserta didik kelas III MIN Pandansari Ngunut melalui penerapan metode gallery walk. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dan tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Tahapan-tahapan persiklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Adapun instrumen pegumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, pengamatan, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Indikator keberhasilan yang ditentukan dalam penelitian ini adalah apabila penguasaan materi peserta didik 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai peserta didik dengan nilai KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan proses belajar mengajar dan hasil belajar peserta didik dengan diterapkannya metode pembelajaran gallery walk. Hal ini dibuktikan berdasarkan pengamatan aktifitas peneliti telah menunjukkan tingkat keberhasilan pada kriterian sangat baik yaitu dari prosentase pencapaian meningkat dari 79,28% pada siklus I menjadi 87,14% pada siklus II. Aktivitas peserta didik telah menunjukkan tingkat keberhasilan pada kriteria sangat baik yaitu dari presentase pencapaian meningkat dari 83,84% pada siklus I menjadi 87,69% pada siklus II. Kemudian meningkat juga hasil proses belajar peserta didik juga telah menunjukkan peningkatan yang semula berkategori cukup dan baik pada siklus I mengalami peningkatan pada siklus II berkategori baik dan sangat baik. Begitu juga dengan ketuntasan hasil belajar peserta didik pada post test siklus II sudah menunjukkan peningkatan yang sangat baik dari post test sebelumnya. Hal tersebut dibuktikan dengan ketuntasan belajar peserta didik telah memenuhi KKM yang diinginkan, yang semula 61,9% pada saat post test siklus I menjadi 80,95% pada saat post test siklus II. Dari hasil belajar pada siklus II telah menunjukkan adanya ketercapaian indikator keberhasilan yang telah ditentukan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133112 MUFIDATUR ROSIDAH
Date Deposited: 30 May 2017 06:20
Last Modified: 30 May 2017 06:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5112

Actions (login required)

View Item View Item