MAHDINA NURROHMAH, 126210202080 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS ULASAN BERBASIS GOOGLE SITES UNTUK SISWA KELAS VIII SMPN 1 NGASEM. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (761kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (273kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (173kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (396kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (216kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Pembelajaran materi teks ulasan dapat menjadikan peserta didik berani menyampaikan tanggapan terhadap kualitas suatu karya. Pada faktanya, sebagian peserta didik menyatakan bahwa materi teks ulasan merupakan materi yang sulit. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, terbatasnya media pembelajaran menjadi salah satu faktor penyebab peserta didik menganggap materi teks ulasan merupakan materi yang sulit. Terbatasnya fasilitas sekolah seperti LCD membuat pendidik hanya menggunakan media pembelajaran yang ada di lingkungan sekitar peserta didik seperti papan tulis. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu adanya pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi dan berpusat pada peserta didik. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan pengembangan media pembelajaran teks ulasan berbasis Google Sites untuk siswa kelas VIII SMPN 1 Ngasem, (2) mendeskripsikan uji kelayakan media pembelajaran teks ulasan berbasis Google Sites untuk siswa kelas VIII SMPN 1 Ngasem. Produk pengembangan yang dihasilkan pada penelitian ini berupa media pembelajaran berbasis Google Sites yang memuat materi struktur dan kebahasaan teks ulasan. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini, yaitu metode research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Tahap pengembangan yang dilakukan, yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) perancangan produk, (3) pengembangan produk, (4) uji coba produk, dan (5) evaluasi. Tahap pengembangan tersebut dilakukan secara sistematis agar menghasilkan produk yang maksimal. Data yang diperoleh dalam penelitian dan pengembangan ini berupa data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari analisis kebutuhan berupa hasil wawancara dan dari saran perbaikan media oleh validator. Data kuantitatif pada penelitian ini diperoleh dari hasil angket penilaian validator dan hasil angket uji coba produk. Hasil validasi materi oleh ahli materi memperoleh 99%, hasil validasi media oleh ahli media memperoleh 97%, dan hasil penilaian media oleh guru Bahasa Indonesia memperoleh 90%. Hasil validasi yang diperoleh dari ketiga validator menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk diujicobakan. Uji coba produk dilakukan dua kali dengan hasil uji coba kelompok kecil kepada 10 peserta didik memperoleh 83% dan hasil uji coba kelompok besar kepada 23 peserta didik memperoleh 89%. Hasil kedua uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran teks ulasan berbasis Google Sites yang telah dikembangkan dikategorikan sangat baik dan layak digunakan pada pembelajaran Bahasa Indonesia materi struktur dan kebahasaan teks ulasan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210202080 MAHDINA NURROHMAH |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 02:30 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 02:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51138 |
Actions (login required)
View Item |