MEILA KHOIRINA, 126205203221 (2024) PROBLEMATIKA PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL ASROR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (342kB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (391kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (258kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (610kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (486kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (339kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (787kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (419kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Meila Khoirina. NIM 126205203221. Problematika Penerapan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Asror Tulungagung. Skripsi. Tulungagung: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing: Irma Fauziah, M.Pd. Kata Kunci: Kurikulum Merdeka, Problematika, Sekolah Dasar Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya problematika yang ditemukan oleh pendidik maupun pihak sekolah terkait pelaksaan kurikulum merdeka dikarenakan sekolah belum siap dalam menjalankan kurikulum baru ini guru juga tidak memiliki pengalaman dengan konsep Kurikulum Merdeka Belajar. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana problematika penerapan kurikulum merdeka belajar pada tahap perencanaan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Asror Tulungagung? (2)Bagaimana problematika penerapan kurikulum merdeka pada tahap pemilihan metode pembelajaran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Asror Tulungagung? (3) Bagaimana problematika penerapan kurikulum merdeka pada tahap Assesment di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al-Asror Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian study kasus, sumber data primer diperoleh dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian untuk mengecek keabsahan data tersebut dilakukan melalui peningkatan ketekunan, triangulasi, pengecekan teman sejawat, dan member checking. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Problematika penerapan kurikulum merdeka pada tahap perencanaan antara lain: kurangnya efektivitas persiapan, kesulitan dalam penyusunan modul dan penyesuaian materi lalu terdapat kendala dalam pengunaan perangkat. (2) Problematika penerapan kurikulum merdeka pada tahap pemilihan metode antara lain: terdapat siswa yang pasif dan beragam, persiapan metode yang sulit, terdapat kesenjangan pendampingan dan keterbatasan solusi dari para pengajar. (3) Problematika penerapan kurikulum merdeka belajar pada tahap penilaian antara lain: tidak tercapainya capaian umum dan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran sehingga para guru mengalami kesulitan dalam memnuhi nilai raport, terdapat pengaruh lingkungan rumah sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203221 MEILA KHOIRINA |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 03:52 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 03:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51190 |
Actions (login required)
View Item |