EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK PERSON CENTERED UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 KAUMAN

DIYAH SETIYOWATI, 126306202069 (2024) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK PERSON CENTERED UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 KAUMAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (435kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar dan efektivitas konseling kelompok person centered untuk meningkatkan motivasi belajar siwa kelas VIII B di SMP Negeri 1 Kauman. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental design dengan eksperimen berupa nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini merupakan siswa kelas VIII B yang terindikasi memiliki motivasi belajar rendah. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan subjek sebanyak 10 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 5 kelompok eksperimen dan 5 kelompok kontrol. Pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis menggunakan uji independent sample t test, adapun hasil yang diperoleh nilai thitung sebesar 9,393 > ttabel sebesar 2,304 dengan signifikansi 0,00. Adapun diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak. Adapun hasil perhitungan menggunakan uji N-Gain Score, hasil diperoleh nilai mean untuk kelompok eksperimen sebesar 0,382 > 0,03 termasuk dalam kategori sedang, sementara untuk nilai mean pada kelompok kontrol sebesar 0,017 < 0,03 termasuk dalam kategori rendah. Berdasarkan temuan penelitian, nilai rata-rata kelompok eksperimen yang diberi perlakuan lebih tinggi dari pada pada nilai rata-rata pada kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok person centered efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B di SMP Negeri 1 Kauman.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: 126306202069 DIYAH SETIYOWATI
Date Deposited: 21 Aug 2024 03:51
Last Modified: 21 Aug 2024 03:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51246

Actions (login required)

View Item View Item