DIYAH SETIYOWATI, 126306202069 (2024) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK PERSON CENTERED UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 1 KAUMAN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (690kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (689kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (344kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (435kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (161kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar dan efektivitas konseling kelompok person centered untuk meningkatkan motivasi belajar siwa kelas VIII B di SMP Negeri 1 Kauman. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimental design dengan eksperimen berupa nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini merupakan siswa kelas VIII B yang terindikasi memiliki motivasi belajar rendah. Adapun teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan subjek sebanyak 10 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu 5 kelompok eksperimen dan 5 kelompok kontrol. Pengukuran yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis menggunakan uji independent sample t test, adapun hasil yang diperoleh nilai thitung sebesar 9,393 > ttabel sebesar 2,304 dengan signifikansi 0,00. Adapun diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa H0 ditolak. Adapun hasil perhitungan menggunakan uji N-Gain Score, hasil diperoleh nilai mean untuk kelompok eksperimen sebesar 0,382 > 0,03 termasuk dalam kategori sedang, sementara untuk nilai mean pada kelompok kontrol sebesar 0,017 < 0,03 termasuk dalam kategori rendah. Berdasarkan temuan penelitian, nilai rata-rata kelompok eksperimen yang diberi perlakuan lebih tinggi dari pada pada nilai rata-rata pada kelompok kontrol yang tidak diberi perlakuan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok person centered efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII B di SMP Negeri 1 Kauman.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 126306202069 DIYAH SETIYOWATI |
Date Deposited: | 21 Aug 2024 03:51 |
Last Modified: | 21 Aug 2024 03:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51246 |
Actions (login required)
View Item |