PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN MISKONSEPSI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III MI MANBA'UL 'ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG

MUHAMMAD RAMZY CHOIR, 126205202121 (2024) PENGARUH MODEL EXPERIENTIAL LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN MISKONSEPSI PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III MI MANBA'UL 'ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (689kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (187kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Experiential Learning Terhadap Motivasi dan Miskonsepsi Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas III MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Ramzy Choir, pembimbing Dr. Moh. Arif, M.Pd. Kata Kunci : Model Experiential Learning, motivasi, miskonsepsi, pembelajaran matematika. Matematika yang bersifat abstrak, terkadang dapat menimbulkan beberapa kesulitan belajar pada siswa. Banyaknya materi dalam pembelajaran matematika yang menekan konsep dan fakta menjadikan siswa tidak mampu menyerap materi sepenuhnya dan mengakibatkan ketidaksesuaian konsep yang terjadi pada diri siswa. Secara umum faktor penyebab terjadinya miskonsepsi siswa ada pada materi operasi hitung campuran. Kurangnya minat belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika serta perasaan takut dan malu bertanya menjadi salah satu penyebab yang dapat diduga menjadi penyebab terjadinya miskonsepsi Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui adanya pengaruh model Experiential Learning terhadap motivasi pembelajaran matematika siswa kelas III MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. (2) Untuk mengetahui adanya pengaruh model Experiential Learning terhadap miskonsepsi pembelajaran matematika siswa kelas III MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. (3) Untuk mengetahui adanya pengaruh model Experiential Learning terhadap motivasi dan miskonsepsi pembelajaran matematika siswa kelas III MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen. Lokasi penelitian ini di Ds. Buntaran, Kec. Rejotangan, Kab. Tulungagung. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas 3A dan 3B MI manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel yaitu teknik sampling purposive. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penulis dapat kesimpulan: (1) Ada pengaruh model pembelajaran Experiential Learning terhadap motivasi pada pembelajaran matematika siswa kelas III MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. Sebesar 0.000 < 0,05. (2) Ada pengaruh model pembelajran Experiential Learning terhadap miskonsepsi pada pembelajaran matematika siswa kelas III MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. sebesar 0,001 < 0,05. (3) Ada pengaruh model pembelajaran Experiential Learning terhadap motivasi dan miskonsepsi pada pembelajaran matematika siswa kelas III MI Manba’ul ‘Ulum Buntaran Rejotangan Tulungagung. Sebesar 0.001 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202121 MUHAMMAD RAMZY CHOIR
Date Deposited: 21 Aug 2024 04:05
Last Modified: 21 Aug 2024 04:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51281

Actions (login required)

View Item View Item