Pengaruh Metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2012/2013

Fitroh, Nur Ani Nisfu (2013) Pengaruh Metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2012/2013. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB I fix.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II fix.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III fix.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV fix.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V fix.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover fix.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan fix.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
i fix.pdf

Download (584kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci : Metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping), Hasil Belajar Matematika Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya masalah yang terjadi dalam pendidikan matematika di sekolah, yang pada umumnya proses pembelajaran di kelas seorang guru menyampaikan materi sedangkan siswa mendengarkan. Oleh sebab itu, perlunya seorang guru kreatif dalam menentukan metode pembelajaran agar siswa aktif, kreatif, inovatif dan semangat dalam belajar matematika. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh yang signifikan metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar tahun ajaran 2012/2013? (2) Seberapa besar pengaruh metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar tahun ajaran 2012/2013?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tidaknya metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar tahun ajaran 2012/2013 dan seberapa besar pengaruh metode Pemetaan Pikiran (Mind Mapping) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara (interview), tes tertulis, dan dokumentasi. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII MTs Darul Huda yang berjumlah 90 siswa. Samplingnya menggunakan teknik simple random sampling (sampel acak). Sampelnya adalah kelas VII A berjumlah 31 siswa dan VII C berjumlah 29 siswa, jadi totalnya 60 siswa. Analisis data dengan bantuan SPSS 16.0 for windows dari hasil perhitungan diperoleh nilai df sebesar 58 berada diantara 40 dan 60, maka digunakan nilai db yang terdekat yaitu db = 60, pada taraf signifikansi tt 5% = 2,000. Diketahui nilai tempirik/thitung “te” lebih besar daripada nilai tteoritik/ttabel “tt”, dengan nilai te yaitu 6,630 atau te > tt 5%, atau 6,630 > 2,000. Hipotesis diterima artinya bahwa ada pengaruh yang signifikan metode pemetaan pikiran (mind mapping) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTs Darul Huda Wonodadi Blitar Tahun Ajaran 2012/2013, dan besar pengaruhnya adalah 21,8% termasuk dalam kategori rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 09 Dec 2014 08:12
Last Modified: 09 Dec 2014 08:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/513

Actions (login required)

View Item View Item