PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK DI KELAS VIII MTSN 1 TRENGGALEK

MOHAMMAD DWIKI REZA, 126211203076 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK DI KELAS VIII MTSN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (802kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Skripsi dengan judul "Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Cahaya dan Alat Optik Di Kelas VIII MTsN 1 Trenggalek" ini ditulis oleh Mohammad Dwiki Reza, NIM. 126211203076, Jurusan Tadris Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Dosen pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, M.Si. Kata Kunci: Teams Games Tournament, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPA, terutama dalam bidang fisika. Salah satu faktor penyebabnya adalah proses pembelajaran masih menerapkan model pembelajaran konvensional. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan model pembelajaran yang diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu alternatif yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran teams games tournament. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap motivasi belajar siswa pada materi cahaya dan alat optik di kelas VIII MTsN 1 Trenggalek. (2) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya dan alat optik di kelas VIII MTsN 1 Trenggalek. (3) Mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan alat optik di kelas VIII MTsN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperiment dan desain penelitian posttest only control group. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 1 Trenggalek. Sampel penelitian peserta didik kelas VIII A sebanyak 27 orang sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII B sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah (1) Uji instrumen (uji validitas dan reliabilitas). (2) Uji prasyarat (uji normalitas dan homogenitas). (3) Uji hipotesis (uji t-test dan uji MANOVA). Hasil penelitian menunjukkan (1) Ada pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap motivasi belajar siswa pada materi cahaya dan alat optik di kelas VIII MTsN 1 Trenggalek. Dibuktikan dengan hasil uji T menggunakan Uji Independent Sample T-Test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan Sig. (2-tailed) 0,023 < 0,05. (2) Ada pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar siswa pada materi cahaya dan alat optik di kelas VIII MTsN 1 Trenggalek. Dibuktikan dengan hasil uji T menggunakan Uji Independent Sample T-Test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. (3) Ada pengaruh model pembelajaran teams games tournament terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada materi cahaya dan alat optik di kelas VIII MTsN 1 Trenggalek. Dibuktikan dengan hasil uji Manova pada kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 126211203076 MOHAMMAD DWIKI REZA
Date Deposited: 26 Aug 2024 06:49
Last Modified: 26 Aug 2024 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51350

Actions (login required)

View Item View Item