EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI SARANA PROMOSI DALAM PENGEMBANGAN USAHA PADA "ANGKRINGAN IKI TULUNGAGUNG"

RICHA APRILIA PRADINA, 126402202149 (2024) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN SOSIAL MEDIA SEBAGAI SARANA PROMOSI DALAM PENGEMBANGAN USAHA PADA "ANGKRINGAN IKI TULUNGAGUNG". [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (926kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dalam Pengembangan Usaha (Studi Kasus Pada “Angkringan IKI” Desa Wates Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung)” ini ditulis oleh Richa Aprilia Pradina, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam , Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dengan Dosen Pembimbing Dr. Moh. Rois Abin, M.Pd.I Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin pesatnya perkembangan teknologi pada masa kini, yang mana manusia tidak bisa terlepas dari penggunaan sosial media. Saat ini sosial media tidak hanya digunakan sebagai sarana komunikasi saja, namun juga digunakan sebagai sarana promosi karena penggunaannya yang mudah dan praktis. Oleh karena itu media sosial memiliki potensi besar untuk dapat memasarkan atau mempromosikan suatu produk agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana strategi promosi melalui media sosial yang digunakan Angkringan IKI untuk mengembangkan usahanya? 2) Bagaimana jenis media sosial yang digunakan Angkringan IKI sebagai sarana promosi dan pengembangan usaha? 3) Bagaimana dampak dari promosi melalui sosial media terhadap perkembangan usaha Angkringan IKI? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Objek penelitian berada di Angkringan IKI Desa Wates Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung. Teknik pengumpulan data berasal dari wawancara, observasi, dan dokumentasi yang diperoleh langsung dari pemilik, karyawan, dan konsumen Angkringan IKI. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan kondensasi data dan penyajian data sehingga bisa ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Strategi promosi yang dilakukan Angkringan IKI melalui sosial media dilakukan dengan melakukan inovasi pada menunya, mengadakan giveaway, dan membuat konten-konten yang menarik yang menonjolkan seputar keunggulan Angkringan IKI, serta membuat tim khusus sosial media dan memberikan bonus kepada karyawannya sehingga kegiatan promosi dapat berjalan efektif. 2) Angkringan IKI menggunakan 3 jenis media sosial sebagai sarana promosinya, yakni Instagram, Facebook, dan TikTok. Penggunaan ketiga platform media sosial tersebut disesuaikan dengan target pasar pada masing-masing platform, sehingga dapat menjangkau audience yang lebih luas. 3) Promosi melalui media sosial memberikan dampak yang signifikan terhadap perkembangan usaha Angkringan IKI. Hal ini dapat dilihat dari jumlah konsumen, omset, laba, dan karyawan yang mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kata Kunci : Efektivitas, Promosi Media Sosial, Pengembangan Usaha

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 126402202149 RICHA APRILIA PRADINA
Date Deposited: 04 Sep 2024 05:30
Last Modified: 04 Sep 2024 05:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51355

Actions (login required)

View Item View Item