SUNNY ALFINA CAMELIA, 126205202143 (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN KREATIF KHUSUS BILANGAN (Pak Khubil) PADA MATERI BILANGAN CACAH KELAS IV MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (868kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (496kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (450kB) | Preview |
|
Text
BAB II .pdf Restricted to Registered users only Download (672kB) |
||
Text
BAB III .pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) |
||
Text
BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (921kB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf Download (413kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN .pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan kondisi peserta didik di kelas IV MIN 1 Tulungagung yang merasa kesulitan, cepat merasa bosan, serta tidak bersemangat pada saat pembelajaran matematika berlangsung. Permasalahan tersebut disebabkan karena penggunaan media dan sumber belajar yang terbatas, sehingga peserta didik sulit memahami materi komposisi dan dekomposisi bilangan cacah. Berdasarkan hal tersebut, diperlukan media pembelajaran yang memudahkan guru dalam menyampaikan materi bilangan cacah yang abstrak agar peserta didik lebih mudah memahami materi dan bersemangat pada pembelajaran matematika. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah (1) Bagaimana desain media papan kreatif khusus bilangan (Pak Khubil) pada materi bilangan cacah kelas IV MIN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana kelayakan media papan kreatif khusus bilangan (Pak Khubil) pada materi bilangan cacah kelas IV MIN 1 Tulungagung? (3) Bagaimana respons peserta didik terhadap media Pak Khubil (Papan Kreatif Khusus Bilangan) pada materi bilangan cacah kelas IV di MIN 1 Tulungagung?. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D yang memiliki 4 tahapan penelitian. Namun pada penelitian ini, peneliti menggunakan 3 tahapan saja,, 3 tahapan pada penelitian ini adalah: (1) Define (Pendefinisian) (2) Design (Desain) (3) Develop (Pengembangan). Lokasi penelitian di MIN 1 Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, validasi ahli, dan penyebaran angket respons penggunaan media Pak Khubil kepada peserta didik. Analisis data yang dilakukan dengan cara analisis deskriptif dari hasil validasi media Pak Khubil dari ahli materi dan ahli media pembelajaran, serta analisis lembar angket respons peserta didik terhadap media Pak Khubil. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk pembelajaran yaitu media Pak Khubil dengan ukuran 56 cm x 83 cm, yang dilengkapi dengan dengan stik penunjuk komposisi bilangan cacah, kartu soal, kartu hijau dan kartu merah, serta lembar aturan penggunaan media.(2) Tingkat kelayakan media Pak Khubil mendapatkan skor rata-rata 4,6 dari ahli materi dan presentase 92% dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli media, mendapat rata-rata skor 3,7 dan presentasi 73% dengan revisi pada beberapa kriteria, sehingga media Pak Khubil layak digunakan pada pembelajaran matematika di kelas IV. (3) Hasil respons peserta didik terhadap media Pak Khubil mendapatkan rata-rata 4,2 dan presentase 84%, sehingga media Pak Khubil termasuk pada kategori sangat baik digunakan pada proses pembelajaran matematika di kelas IV.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202143 SUNNY ALFINA CAMELIA |
Date Deposited: | 22 Aug 2024 02:42 |
Last Modified: | 22 Aug 2024 02:42 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51436 |
Actions (login required)
View Item |