KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATERI VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR DI MTsN 1 KOTA BLITAR

ALDA JULIETA KUSUMA DEWI, 126204203146 (2024) KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATERI VOLUME DAN LUAS PERMUKAAN BANGUN RUANG SISI DATAR DI MTsN 1 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (715kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (486kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (446kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (903kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Materi Volume dan Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar di MTsN 1 Kota Blitar”, ini ditulis oleh Alda Julieta Kusuma Dewi, NIM. 126204203146, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Dr. Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Literasi Numerasi, Menyelesaikan Masalah, Volume dan Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Kemampuan literasi numerasi merupakan kemampuan seseorang dalam bernalar untuk memahami, mengimplementasi dan menganalisa permasalahan nyata secara kritis dengan melibatkan konsep matematika. Proses berpikir dalam pemecahan masalah menjadi salah satu faktor yang digunakan untuk mengetahui bagaimana kemampuan literasi numerasi siswa. Dengan indikator pada teori penyelesaian masalah yang dicetuskan oleh Polya pada tahun 1973 dapat menganalisa bagaimana kemampuan literasi numerasi siswa dalam menyelesaiakan masalah volume dan luas permukaan bangun ruang sisi datar. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi siswa tingkat tinggi dalam menyelesaikan masalah pada materi volume dan luas permukaan bangun ruang sisi datar. (2) Mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi siswa tingkat sedang dalam menyelesaikan masalah pada materi volume dan luas permukaan bangun ruang sisi datar. (3) Mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi siswa tingkat rendah dalam menyelesaikan masalah pada materi volume dan luas permukaan bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang diperoleh berupa data tes tulis, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tempat penelitian di MTsN 1 Kota Blitar. Hasil dari penelitian ini: 1) siswa dengan kemampuan literasi numerasi tingkat tinggi dalam menyelesaikan soal mampu memenuhi semua indikator penyelesaian masalah, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali. 2) siswa dengan kemampuan literasi numerasi sedang dalam menyelesaikan soal tes mampu memenuhi 3 indikator dari 4 indikator yang ada, yaitu memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, dan memeriksa kembali. Siswa dengan kemampuan literasi numerasi sedang belum mampu memenuhi indikator melaksanakan penyelesaian masalah. 3) siswa dengan kemampuan literasi numerasi rendah dalam menyelesaikan soal tes mampu memenuhi 2 indikator dari 4 indikator yang ada, yaitu memahami masalah dan merencanakan penyelesaian masalah. Siswa dengan kemampuan literasi numerasi rendah belum mampu memenuhi indikator melaksanakan penyelesaian masalah dan memeriksa kembali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Geometri
Matematika
Matematika > Masalah Matermatika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204203146 ALDA JULIETA KUSUMA DEWI
Date Deposited: 25 Sep 2024 08:50
Last Modified: 25 Sep 2024 08:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51460

Actions (login required)

View Item View Item