Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Metode Mind Map Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol

Roikhatul, Jannah, Arikhna (2013) Pengaruh Penggunaan Pendekatan Pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Metode Mind Map Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. [ Skripsi ]

[img] Text
1 sampul.docx

Download (440kB)
[img] Text
depan.docx

Download (472kB)
[img] Text
BAB I-5 akhir.docx

Download (157kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Mind Map, dan Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sistem pembelajaran yang tradisional yaitu guru yang berperan penuh dalam pembelajaran dan sebagai sumber belajar, sehingga siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran. Metode ceramah yang selama ini digunakan membuat siswa bosan dan selalu menganggap sulit pelajaran matematika, sehingga peneliti beranggapan bahwa dengan digunakannya metode baru akan lebih membuat siswa untuk lebih bergairah lagi mengikuti proses belajar mengajar dan hasil belajarpun akan meningkat. Salah satu pendekatan pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran matematika yang dapat memberikan kesempatan pada peserta didik untuk belajar mandiri lebih aktif adalah dengan pembelajaran Reciprocal Teaching yaitu siswa diajarkan empat strategi pemahaman dan pengaturan diri spesifik, yaitu merangkum bacaan, mengajukan pertanyaan, memprediksi materi lanjutan, dan mengklarifikasi istilah-istilah yang sulit dipahami. Sebagai alternatif yang dapat dilaksanakan dengan pendekatan pembelajaran reciprocal teaching adalah dengan menggunakan metode mind map. Mind map adalah adalah metode mencatat kreatif yang memudahkan kita mengingat banyak informasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching dengan metode Mind Map terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol, (2) Seberapa besar pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching dengan metode Mind Map terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching dengan metode Mind Map terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol, (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching dengan metode Mind Map terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. Pola penelitian yang digunakan adalah eksperimen, variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching dengan metode Mind Map. Sedangkan variabel terikanya (Y) adalah hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol sebanyak 361 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Sampel dalam penelitian ini diperoleh kelas VII E sebanyak 33 siswa dan VII F sebanyak 34 siswa dengan pertimbangan bahwa kedua kelas tersebut sudah mencapai materi yang sama dan siswa mempunyai kemampuan homogen sehingga data yang diperoleh akan mewakili populasi. Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data yang diperoleh diolah dengan teknik analisis t-test. Berdasarkan hasil penelitian (1) Ada pengaruh yang signifikan penggunaan pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching dengan metode Mind Map terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol dengan nilai t_hitung= 4,918 sedangkan t_tabel pada tarif signifikasi adalah 2,000, yang berarti bahwa nilai t_hitung lebih besar dari nilai t_tabel pada taraf 5%. (2) Besarnya pengaruh penggunaan pendekatan pembelajaran Reciprocal Teaching dengan metode Mind Map terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 1 Sumbergempol adalah 26,56% dikatakan berhasil dengan kategori rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 09 Dec 2014 08:17
Last Modified: 09 Dec 2014 08:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item