IMPLEMENTASI METODE AL-WAHHAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENULISAN AL-QUR’AN SISWA DALAM KURIKULUM ISLAM TERPADU KUTUBUT TURATS DI SMA KHADIJAH SURABAYA

ANDRIANI INTAN HIDAYAH, 1880506220001 (2024) IMPLEMENTASI METODE AL-WAHHAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENULISAN AL-QUR’AN SISWA DALAM KURIKULUM ISLAM TERPADU KUTUBUT TURATS DI SMA KHADIJAH SURABAYA. [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (732kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (938kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (138kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Andriani Intan Hidayah, 1880506220001, 2024. Tesis dengan judul “Implementasi Metode Al-Wahhab untuk Meningkatkan Keterampilan Penulisan Al-Quran Siswa dalam Kurikulum Islam Terpadu Kutubut Turats di SMA Khadijah Surabaya” dengan Dibimbing Oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M.Ag. dan prof. Dr. H Akhyak, M.Ag Kata kunci: Metode Alwahhab, Keterampilan Penulisan Al-Quran, Kurikulum Islam Penelitian ini dilatar belakangi oleh Tulisan anak SMA yang harus nya bisa menulis dengan rapi itu jarang. Pada zaman sekarang ini, yang kita ketahui banyak sekali ustad yang telah banyak menyandang sebagai pembimbing ber syahadah, maka mereka pun di tuntut untuk menciptakan model pembelajaran yang menyenangkan agar pembelajaran di kelas tidak terlihat monoton. Tujuan Penelitian ini adalah 1.Untuk Mendeskripsikan Perencanaan Pembelajaran Metode Al-Wahhab untuk Meningkatkan Keterampilan Penulisan Al-Qur’an Siswa dalam Kurikulum Islam Terpadu Kutubut Turast di SMA Khadijah Surabaya? 2.Untuk Mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Metode Al-Wahab untuk Meningkatkan Keterampilan Penulisan Al-Qur’an Siswa dalam Kurikulum Islam Terpadu Kutubut Turast di SMA Khadijah Surabaya? 3.Untuk Mendeskripsikan Hasil Metode Al-Wahab untuk Meningkatkan Keterampilan Penulisan Al-Qur’an Siswa dalam Kurikulum Islam Terpadu Kutubut Turast di SMA Khadijah Surabaya? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif, menggunakan jenis penelitian fenomenologi,. Mengambil latar belakang SMA Khadijah Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pemberian makna terhadap data yang telah selesai dikumpulkan kemudian ditarik kesimpulan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi data yaitu mencocokkan data hasil wawancara dan dokumentasi dengan hasil pengamatan langsung (observasi). Hasil penelitian ini Menunjukan bahwa 1. Perencanaan Pembelajaran Metode Al-Wahhab untuk Meningkatkan Keterampilan Penulisan Al-Qur’an Siswa yaitu Guru bahasa arab menyiapkan materi untuk siswa, Guru memberikan motivasi agar siswa bisa mengikuti pembelajaran hingga selesai, Anak-anak membawa buku metode alwahhab kesekolah setiap hari karena metode alwahhab ini dikerjakan dimanapun dan kapanpun. guru memberikan contoh sesuai dengan jilidnya. 2. Pelaksanaan Metode Al-Wahhab untuk Meningkatkan Keterampilan Penulisan Al-Qur’an Siswa yaitu dengan menyampaikan bahan atau materi pelajaran yang berupa huruf hijaiyah serta menggunakan media pembelajaran sebagai perantara dalam menyampaikan pelajaran, menggunakan strategi untuk memudahkan siswa dalam memahami pelajaran yang disampaikan. 3. Hasil Metode Al-Wahhab untuk Meningkatkan Keterampilan Penulisan Al-Qur’an Siswa yaitu tidak banyak kendala namun tetap kendalanya ada pada anak yang malas untuk mengerjakan, gurunya kurang jelas didalam penjelasannya, dan siswa terpaksa mengerjakan walaupun belum faham cara mengerjakannya.kelebihannya memudahkan siswa untuk menulis bahasa arab, memiliki pengaruh yang baik terhadap siswa, bukunya itu bagus dan rapi sehinggan membuat anak ada yang tertarik untuk mengerjakannya.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1880506220001 ANDRIANI INTAN HIDAYAH
Date Deposited: 26 Aug 2024 02:58
Last Modified: 26 Aug 2024 02:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51545

Actions (login required)

View Item View Item