PENERAPAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

DIANA MAHFUDLOTUL AZIZAH, 2817123039 (2017) PENERAPAN METODE EXAMPLE NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Example Non Examples Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Diana Mahfudlotul Azizah, NIM. 2817123039, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Moh.Arif, M.Pd. Kata kunci: Metode Example Non Examples, IPA, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran IPA di sekolah, yang hasil belajar peserta didik yang belum maksimal. Peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan metode example non examples untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan smetode example non examples pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar di kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016?, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar melalui Metode Example Non Examples IPA peserta didik di kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan langkah-langkah penerapan metode example non examples pada pembelejaran IPA dalam meningkatkan hasil belajar di kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016, (2) Untuk meningkatkan hasil belajar melalui Metode Example Non Examples IPA peserta didik di kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan, pola fikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya meningkatkan kualitas diri sebagai guru. Bagi MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut dapat dijadikan sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka merumuskan kebijakan pendidikan yang berkaitan dengan proses pembelajaran yang akan datang Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus.Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III MI Thoriqul Huda, Kromasan, Ngunut, Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Hasil penelitian penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Example Non Examples pada mata pelajaran IPA setelah melalui langkah-langkah kegiatan awal, inti dan juga akhir menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar peserta didik kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung. Hal ini dapat dilihat dari proses belajar mengajar dan nilai tes akhir pada proses belajar mengajar siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 65,80. Peserta didik yang mendapat nilai <70 sebanyak 22 peserta didik (70,94%) dan >70 sebanyak 9 siswa (29,03%). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 82,90, peserta didik yang mendapat nilai >70 sebanyak 27 peserta didik (87,09%) dan <70 sebanyak 4 peserta didik (13,33%). Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Example Non Examples meningkatkan prestasi pada mata pelajaran IPA kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan, Ngunut, Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17505164016 Diana Mahfudlotul Azizah
Date Deposited: 06 Jun 2017 04:28
Last Modified: 06 Jun 2017 04:28
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5156

Actions (login required)

View Item View Item