IMPLEMENTASI METODE LEARNING BY DOING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN TRENGGALEK

ADELLA RAMADHANI PUTRI RAISANDIK, 126205203181 (2024) IMPLEMENTASI METODE LEARNING BY DOING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (489kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (403kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Ramadhani Putri Raisandik, Adella. 2024. Implementasi Metode Learning By Doing untuk Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di MI Hidayatul Mubtadiin Trenggalek. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan ilmu keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi: Dr. Moh.Arif, M.Pd. Kata Kunci : Learning By Doing, IPA, Kreativitas Belajar Siswa Metode pembelajaran Learning By Doing suatu metode yang menekankan peserta didik menjadi kreatif, aktif agar dapat memahami sendiri bahan ajar yang disampaikan oleh guru pengajar sehingga siswa dapat melihat dan melakukan praktik secara eksklusif selama proses belajar mengajar berlangsung. Learning By Doing sangat membantu siswa dalam proses belajar karena tidak monoton dan terpaku hanya pada materi. IPA adalah ilmu yang memiliki sumber materi dari alam maupun kehidupan sehari-hari. Dengan hal ini peserta didik tidak hanya mendapatkan materi tetapi juga praktik. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan perencanaan Implementasi Metode Learning By Doing untuk Meningkatkan Kreativitas pada Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Trenggalek, (2) mendeskripsikan pelaksanaan Implementasi Metode Learning By Doing untuk Meningkatkan Kreativitas pada Pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Trenggalek (3) mendeskripsikan evaluasi Implementasi Metode Learning By Doing untuk Meningkatkan Kreativitas pada pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Trenggalek. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan peneliti yaitu model Miles dan Huberman dan keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) perencanaan model pembelajaran Learning By Doing dalam Pembelajaran IPA yaitu perencanaan sesuai administrasi seperti modul ajar silabus dan lainnya dan pemiihan materi yang berbasis praktik dan ada isu yang familiar dan menarik minat, (2) pelaksanaannya ada beberapa tahap, pertama yaitu adanya tujuan. Kedua, pembagian kelompok. Ketiga, mengkondisikan penyiapan logistik dan materi praktik. Selanjutnya, praktik materi berulang-ulang. Dari pelaksanaan tersebut menghasilkan peserta didik yang kreatif karena dengan model eksperimennya atau Learning By Doing (3) evaluasinya tidak hanya cukup dengan teknik tes saja, melainkan lebih mengarah pada proses pengamatan ketika praktik pembelajaran karena objek utama ialah perkembangan peserta didik. Evaluasinya adalah pengamatan dan penilaian, khususnya pada sikap baik spiritual, sosial, penilaian diri (self-assessment) dan peer assessment (teman sejawat), pengetahuan dan juga keterampilan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203181 ADELLA RAMADHANI PUTRI RAISANDIK
Date Deposited: 26 Aug 2024 03:07
Last Modified: 26 Aug 2024 03:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51571

Actions (login required)

View Item View Item