IVADA MAZIDAH, 126308202107 (2024) PENGARUH KONTROL DIRI DAN BERPIKIR POSITIF TERHADAP STRES AKADEMIK SISWA KELAS XII SMKT ASSALAM DURENAN. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (843kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (297kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (428kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (329kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (387kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (610kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (427kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Siswa SMK tingkat akhir menghadapi serangkaian tugas atau tuntutan yang menentukan kemampuan akademis mereka. Situasi ini dapat menyebabkan tekanan yang menentu stres yang dialami siswa. Stres yang berkaitan dengan akademik disebut stres akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris, adakah pengaruh kontrol diri terhadap stress akademik siswa kelas XII SMKT Assalam Durenan, adakah pengaruh berpikir positif terhadap stress akademik siswa kelas XII SMKT Assalam Durenan, dan adakah pengaruh kontrol diri dan berpikir positif terhadap stress akademik siswa kelas XII SMKT Assalam Durenan, Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan penyebaran secara online melalui goggle form. Alat ukur dalam penelitian ini berupa skala psikologi stress akademik yang dikontruksi oleh Nanda (2021) berdasarkan teori Gadzella dan Masten (2012), Skala kontrol diri yang di konstruksi berdasarkan teori Averill (1973), dan skala berpikir positif yang dikonstruksikan berdasarkan teori Albrecht (1987). Penelitian ini melibatkan 100 siswa kelas XII SMKT Assalam Durenan. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah adalah insidental sampling. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan nilai signifikansi kontrol diri dan stress akademik sebesar 0,000<0,05 artinya terdapat pengaruh kontrol diri terhadap stress akademik siswa kelas XII SMKT Assalam Durenan, nilai signifikansi berpikir positif dan stress akademik sebesar 0,000<0,05 artinya terdapat pengaruh signifikan berpikir positif terhadap stress akademik siswa kelas XII SMKT Assalam Durenan, Terdapat pengaruh signifikan kontrol diri dan berpikir positif terhadap stress akademik dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan menunjukkan ke arah negatif berarti semakin tinggi kontrol diri dan berpikir positif siswa, maka semakin rendah stress akademik yang alami siswa. Terdapat kontribusi kontrol diri dan berpikir positif terhadap stres akademik dengan nilai R Sequare sebesar 61,6%. Kata kunci: Stres akademik, kontrol diri dan berpikir positif
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Atas Psikologi > Psikologi pendidikan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | 126308202107 IVADA MAZIDAH |
Date Deposited: | 26 Aug 2024 07:24 |
Last Modified: | 26 Aug 2024 07:24 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51632 |
Actions (login required)
View Item |