PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTs NEGERI 2 TULUNGAGUNG

DIAN INDAH NOFITASARI, 12209193007 (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE TERHADAP BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII DI MTs NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Berpikir Kreatif Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Dian Indah Nofitasari, NIM. 12209193007, jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Dosen Pembimbing Bagus Setiawan, M. Pd. Kata Kunci: Metode pembelajaran Picture and Picture, Berpikir kreatif Penelitian ini dilatar belakangi karena adanya pembelajaran yang kurang kreatif dimana siswa merasa bosan, tidak menarik dan kreatif karena pembelajaran masih dilakukan secara konvensional, maka dalam hal ini perlu perhatian khusus dari pendidik untuk membuat susasan kelas menjadi lebih menarik dan menjadi lebih aktif dengan menggunakan metode pembelajaran picture and picture sehingga siswa bisa aktif dan dapat menyalurkan ide atau gagasan yang dimiliki oleh setiap siswa. Rumusan masalahnya adalah : 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran picture and picture pada mata Pelajaran IPS kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung?. 2) Adakah pengaruh penerapan metode pembelajaran picture and picture terhadap berpikir kreatif siswa pada mata Pelajaran IPS kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tulungagung?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran picture and picture pada mata Pelajaran IPS kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung. 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran picture and picture terhadap berpikir kreatif siswa pada mata Pelajaran kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri Tulungagung. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental. Populasi pada penelitian ini adalah semua kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung. Sampel yang diambil siswa kelas VIII J sebanyak 32 siswa dan VIII K sebanyak 32 siswa. Teknik empel yang digunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan Tes. Teknik analisis data menggunakan Uji T dua sampel bebas (independent samples test) dan rumus effect size.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran picture and picture berpengaruh signifikan terhadap bepikir kreatif siswa pada mata Pelajaran IPS kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Tulungagung, dibuktikan dengan Peghitungan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ilmu Pengetahuan Sosial > Geografi
Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: 12209193007 DIAN INDAH NOFITASARI
Date Deposited: 03 Sep 2024 05:07
Last Modified: 03 Sep 2024 05:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51643

Actions (login required)

View Item View Item