PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS V-A MI WAHID HASYIM UDANAWU BLITAR

MOHAMAD ALFIYANUL HAKIM, 3217113069 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS V-A MI WAHID HASYIM UDANAWU BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (208kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (381kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V-A Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Udanawu Blitar” ini ditulis oleh Mohamad Alfiyanul Hakim, NIM. 3217113069, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagug, yang dibimbing oleh Bapak Dr. Ahmad Tanzeh. M.Pd.I Kata Kunci: Model Jigsaw, Prestasi Belajar Aqidah Akhlak. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh lemahnya pengetahuan para siswa dalam mempelajari Aqidah Akhlak dan menyebabkan hasil belajarnya rendah. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilakukan oleh guru Aqidah Akhlak kurang bervariasi. Dalam pembelajaran Aqidah Akhlak ada beberapa model pembelajaran yang bisa digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya adalah model Jigsaw, yaitu model pembelajaran dengan menggunakan sistem pengelompokan atau tim kecil yang beranggotakan 4-6 orang dengan sistem pengelompokan yang heterogen dimana dalam tahap pelaksanaannya meliputi: (1) pembentukan kelompok asal, (2) pembelajaran kelompok asal, (3) pembentukan kelompok ahli, (4) diskusi kelompok-kelompok ahli, (5) diskusi kelompok asal, (6) diskusi kelas, (7) pemberian kuis, (8) penghargaan kelompok. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji siswa kelas V-A di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Udanawu Blitar? (2) Bagaimana prestasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Aqidah Akhlak akhlak terpuji pada siswa kelas V-A di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Udanawu Blitar? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji siswa kelas V-A di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Udanawu Blitar. (2) Mendiskripsikan Bagaimana prestasi belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran Aqidah Akhlak akhlak terpuji pada siswa kelas V-A di Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Udanawu Blitar. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V-A Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Udanawu Blitar. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 75. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 71,5 (81,43%) yang berada pada kriteria baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 88,5 (93,33%) dan berada pada kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 17. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model Jigsaw dapat meningkatkan Prestasi belajar Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji siswa kelas V-A Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Udanawu Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 3217113069 MOHAMAD ALFIYANUL HAKIM
Date Deposited: 07 Jun 2017 03:22
Last Modified: 07 Jun 2017 03:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5167

Actions (login required)

View Item View Item