ERIKA SETIANI, 126210202068 (2024) PENGEMBANGAN MODUL ELEKTRONIK PADA MATERI TEKS CERPEN BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA KELAS IX. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (213kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (265kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (908kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (26MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi di era Society 5.0 akan berdampak pada kehidupan manusia, salah satunya adalah bidang pendidikan. Oleh karena itu, pengembangan terhadap teknologi yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia sangat diperlukan, misalnya seperti mengembangkan bahan ajar berbasis digital seperti modul elektronik sehingga dapat memberikan pengalaman belajar baru yang lebih menarik untuk peserta didik. Teks cerpen merupakan salah satu materi yang dipelajari dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IX SMP/MTs. Dalam mempelajari materi teks cerpen peserta didik memerlukan bahan ajar yang memuat gambaran cerita secara jelas dan nyata agar memudahkan mereka dalam mengidentifikasi unsur-unsur pembangun yang terkandung di dalamnya. Pendidikan karakter sudah menjadi paradigma dalam Kurikulum 2013, sehingga kompetensi yang dimiliki peserta didik harus diintegrasikan dengan nilai-nilai pendidikan karakter. Memasukkan unsur-unsur nilai pendidikan karakter ke dalam materi teks cerpen menjadi salah upaya yang dapat dilakukan guna menanamkan karakter yang baik dan cakap dalam diri peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk (1) mengembangkan produk bahan ajar berupa modul elektronik pada materi teks cerpen bermuatan nilai pendidikan karakter untuk siswa kelas IX, dan (2) menguji tingkat kelayakan modul elektronik pada materi teks cerpen bermuatan nilai pendidikan karakter untuk siswa kelas IX. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis kebutuhan, perancangan, pengembangan, penerapan atau uji coba, serta penilaian terhadap produk yang dikembangkan. Bahan ajar yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa modul elektronik berbentuk flipbook pada materi teks cerpen yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter untuk peserta didik pada jenjang kelas IX SMP/MTs dengan judul “Bercerita Bersama Bangkitkan Karakter Bangsa”. Data dari hasil penelitian ini disajikan dalam bentuk kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari hasil wawancara serta saran dari validator, guru, maupun peserta didik. Sementara itu, data kuantitatif diperoleh dari hasil angket validasi para ahli dan uji coba peserta didik. Hasil dari penilaian terhadap bahan ajar tersebut mendapatkan persentase kelayakan dari ahli materi sebesar 100%, persentase kelayakan dari ahli media sebesar 96%, dan persentase kelayakan dari ahli praktisi sebesar 77%. Sementara itu, hasil penilaian dari tahap uji coba peserta didik memperoleh persentase sebesar 89%. Keseluruhan hasil penilaian akhir terhadap bahan ajar modul elektronik berbentuk flipbook memperoleh ratarata persentase sebesar 90% sehingga dapat dinyatakan dalam kategori sangat baik dan layak digunakan dalam kegitan pembelajaran Bahasa Indonesia materi teks cerpen.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia Bahasa Dan Sastra > Cerpen Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 126210202068 ERIKA SETIANI |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 02:48 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 02:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51726 |
Actions (login required)
View Item |