PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI AKADEMIK TERHADAP SELF MANAGEMENT MAHASISWA YANG BEKERJA PARUH WAKTU

JAZIROTUL HILMI, 126308201042 (2024) PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI AKADEMIK TERHADAP SELF MANAGEMENT MAHASISWA YANG BEKERJA PARUH WAKTU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (601kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (441kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (495kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Padatnya aktivitas mahasiswa yang berbeda-beda memunculkan suatu masalah baru yaitu mengenai self management, mahasiswa yang aktif bekerja, berorganisasi atau berada dilingkungan tertentu, kurang memprioritaskan perkuliahan dan terjadinya motivasi berprestasi akademik mahasiswa yang menurun. Studi ini bermaksud untuk melihat pengaruh motivasi berprestasi akademik terhadap self management mahasiswa yang bekerja paruh waktu. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif dan mahasiswa yang sedang bekerja paruh waktu. Responden penelitian sebanyak 100 responden. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik jenis non probability sampling dengan kriteria responden yaitu mahasiswa yang sedang bekerja paruh waktu. Instrumen yang di gunakan ialah skala motivasi berprestasi akademik dan skala self management. Data diuji dan dianalisis menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis menggunakan regresi linear sederhana. Hasil studi menunjukkan bahwa mahasiswa yang bekerja paruh waktu dalam self management mempunyai 3 kategori tinggi, sedang, dan rendah. Kategori sedang mendominasi self management mahasiswa dengan persentase sebanyak 64%, kemudian kategori tinggi dengan persentase sebesar 1%, dan yang terakhir kategori rendah dengan persentase sebesar 35%. Sedangkan untuk motivasi berprestasi akademik mempunyai 3 kategori tinggi, sedang dan rendah. Kategori sedang mendominasi tingkat motivasi berprestasi akademik mahasiswa dengan persentase sebesar 60%, kemudian kategori rendah dengan persentase sebesar 40%, dan yang terakhir kategori tinggi dengan persentase sebesar 0%. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan koefisien yang positif sebesar 0,719 yang menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif antara motivasi berprestasi akademik dengan self management dengan signifikasi sebesar 0,000. Dengan kesimpulan semakin tinggi motivasi berprestasi akademik maka akan semakin tinggi pula self management, sebaliknya semakin rendah motivasi berprestasi akademik maka semakin rendah pula self management mahasiswa. Kata Kunci: Motivasi Berprestasi Akademik, Self Management, Bekerja Paruh Waktu

Item Type: Skripsi
Subjects: Psikologi
Psikologi > Psikologi pendidikan
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: 126308201042 JAZIROTUL HILMI
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:30
Last Modified: 27 Aug 2024 08:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51773

Actions (login required)

View Item View Item