PENGARUH MODEL STAD TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS V MI AL HIDAYAH 01 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

ERLY MARLIZA, 126205201008 (2024) PENGARUH MODEL STAD TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS V MI AL HIDAYAH 01 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (463kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (509kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (354kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Model STAD terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas 5 MI Al Hidayah 01 Kalidawir Tulungagung” ditulis oleh Erly Marliza, NIM. 126205202008, pembimbing Mirna Wahyu Agustina, M.Psi., Kata Kunci: Model STAD, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena penggunaan model pembelajaran kooperatif (berkelompok) salah satunya STAD (Student Teams Achievement Division) yang dapat membantu keberhasilan pencapaian prestasi yang maksimal. Dalam hal ini peneliti meneliti model pembelajaran STAD yang belum diterapkan dalam pembelajaran dan pembelajaran konvensional yang sering diterapkan di MI Al Hidayah 01 Kalidawir Tulungagung, peneliti ingin mengetahui berpengaruh tidaknya hasil pembelajaran yang diperoleh peserta didik dengan model pembelajaran yang berbeda, dan apakah mampu menaikkan hasil belajar yang diperoleh peserta didik pada mata pelajaran aqidah akhlak yang sering dianggap sebagai mata pelajaran hafalan sehingga menjadikan siswa pasif, bosan dan mendapat hasil belajar yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model STAD terhadap hasil belajar aqidah akhlak peserta didik kelas 5 MI Al Hidayah 01 Kalidawir Tulungagung, (2) untuk mengetahui seberapa efektif model STAD mempengaruhi hasil belajar aqidah akhlak peserta didik kelas 5 MI Al Hidayah 01 Kalidawir Tulungagung. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini eksperimental semu (quasi eksperimental). Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas 5 di MI Al Hidayah 01 Kalidawir Tulungagung. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 5A dan 5B di MI Al Hidayah 01 Kalidawir Tulungagung dengan menggunakan teknik sampel non probability jenis sampling jenuh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan gain score, uji independent sample t-test dan cohen effect size untuk mengetahui seberapa besar efek yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) uji independent sample t-test ketentuan Sig. (2-tailed) < 0,05 berarti Ha diterima. Diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,030 < 0,05 artinya pengaruh yang signifikan antara model STAD terhadap hasil belajar aqidah akhlak peserta didik kelas 5 MI Al Hidayah 01 Kalidawir Tulungagung, (2) cohen effect size diperoleh angka 0,81 yang termasuk dalam kategori efek yang besar, sehingga dapat disimpulkan model pembelajaran STAD memberikan efek yang besar terhadap hasil belajar aqidah akhlak kelas 5 MI Al Hidayah 01 Kalidawir Tulungagung dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205201008 ERLY MARLIZA
Date Deposited: 27 Aug 2024 08:21
Last Modified: 27 Aug 2024 08:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51776

Actions (login required)

View Item View Item