PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS V DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ROSYIQ ASFA NISA', 126205202180 (2024) PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KELAS V DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Teknik Pembelajaran Probing Prompting terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas V di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Rosyiq Asfa Nisa’, NIM. 12620202180 , Dosen pembimbing Bagus Wahyu Setyawan, M. Pd. Kata Kunci : Teknik Pembelajaran probing prompting, Keaktifan, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa Indonesia, minimnya semangat para siswa semangat siswa saat pembelajaran bahasa Indonesia , kurang aktifnya siswa saat pembelajaran dilakukan dan juga rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran bahasa indonesia. oleh sebab itu, peneliti menerapkan teknik probing prompting untuk memicu keaktifan dan semangat serta interaksi siswa sehingga pembelajaran bahasa indonesia lebih berkembang, aktif dan juga efektif. Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui bagaimana pengaruh teknik pembelajaran probing prompting terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Tujuan penelitian yaitu (1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik pembelajaran probing prompting terhadap keaktifan siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas V di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik pembelajaran probing prompting terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas V di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik pembelajaran probing prompting terhadap keakifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas V di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian menggunakan teknik eksperimen semu. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu angket, tes dan dokumentasi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Banyaknya sampel dalam penelitian ini yaitu 51 siswa yang teridiri dari kelas V A 27 anak dan V B 24 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) thitung sebesar dengan df 49, dan nilai ttabel sebesar 1.677 pada taraf 5 % yang memiliki kesimpulan bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel . Karena thitung > ttabel (2.386) > 1.677) dan signifikansi < 0.05 ( 0.04 < 0.05). kesimpulannya erdapat pengaruh teknik probing prompting terhadap keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada kelas V di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. (2) menunjukkan nilai Sig. ( 2 – tailed ) yang diperoleh pada kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,127 > 0,05 yang menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, tetapi nilai signifikansi 5 %. Untuk nilai Sig. ( 2 – tailed ) 0,127 > 0,05 yang menunjukkan nilai Sig. (2 - tailed) lebih besar dari pada taraf signifikansi artinya teknik probing prompting ini berpengaruh terhadap hasil belajar siswa , maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. (3) nilai fhitung = 186.583 dengan ftabel = 6.13 pada taraf signifikansi 0.05 dan nilai dari Pillace Trace Wilks'Lambda, Hottelling's Trace, dan Roy's Largest Root memilik Sig. 0.000 karena fhitung > ftabel maka terdapat perbedaan rata-rata keaktifan belajar dan hasil belajar menggunakan teknik konvensional dengan teknik probing prompting.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205202180 ROSYIQ ASFA NISA'
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:32
Last Modified: 28 Aug 2024 03:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51797

Actions (login required)

View Item View Item