PEMBELAJARAN PAI BERBASIS ICP (International Class Program) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA (Studi Multi Situs di MTsN 3 Kota Kediri dan MTsN 4 Kediri)

M. LUKMAN ALIFI, 1880506220010 (2024) PEMBELAJARAN PAI BERBASIS ICP (International Class Program) DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA (Studi Multi Situs di MTsN 3 Kota Kediri dan MTsN 4 Kediri). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (857kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (116kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK M. Lukman Alifi, 2024, Tesis dengan judul “Pembelajaran PAI berbasis ICP (International Class Program) dalam meningkatkan kompetensi siswa (Studi Multi Situs di MTsN 3 Kota Kediri dan MTsN 4 Kediri)” Tesis Program Magister Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing 1) Prof. Dr. H. Prim Masrokan, M.Pd. 2) Prof. Dr. H. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata kunci: Pembelajaran PAI berbasis ICP dan Kompetensi Siswa. Pembelajaran PAI berbasis ICP (International Class Program) dirancang khusus dengan tujuan mencetak lulusan yang berkualitas (memiliki landasan yang kuat dalam iman, ilmu, dan amal) serta memiliki standar internasional. Pada pembelajaran ini, siswa diharapkan dapat menguasai semua kompetensi dasar yang diajarkan, baik pada kurikulum Nasional maupun kurikulum Cambridge. Oleh karena itu penulis tertarik untuk mengungkap dan mendeskripsikan beberapa hal yaitu perencanaan pembelajaran, pengelolaan kelas pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan kompetensi siswa yang diharapkan dalam pembelajaran PAI berbasis ICP (International Class Program) di MTsN 3 kota kediri dan MTsN 4 kediri. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan mengunakan beberapa teknik pengumpulan data: Observasi, wawancara, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: 1) Perencanaan guru dalam pembelajaran PAI berasis ICP (International Class Program) di MTsN 3 kota kediri dan MTsN 4 kediri meliputi penyiapan kalender pendidikan, RPE, PROTA, PROMES, daftar hadir siswa, daftar nilai, analisis ulangan harian, materi pengayaan dan remedial. 2) Strategi yang digunakan guru PAI berbasis ICP di MTsN 3 kota kediri dan MTsN 4 kediri, untuk mata pelajaran yang berbasis Cambridge mengunakan Workbook, yang didasarkan pada silabus kurikulum Nasional dan kurikulum Cambridge.3) Pengelolaan kelas pembelajaran meliputi: Penggunaan Workbook, mengunakan Mastery Learning, pengunaan ABL, pengunaan bahasa asing (bahasa Arab atau Inggris) dalam pembelajaran, pembiasaan berbahasa asing di dalam maupun luar kelas, dan penunjang pembelajaran dengan fasilitas yang memadai. 4) Evaluasi pembelajaran PAI berbasis ICP meliputi beberapa unsur, unsur-unsur yang dinilai adalah kogintif yaitu UTS, UAS, UN, Ujian Cambridge serta pembahasan tiap pertemuan. Sedang afektifnya adalah dari segi keseriusan atau minat terhadap mata pelajaran, perilaku sekaligus ucapan, dan sikap waktu di kelas maupun luar kelas. Untuk Psikomotoriknya melalui praktek sesuai dengan mata pelajarannya. 5) Kompetensi yang diharapkan dalam pembelajaran ICP adalah mendapatkan ratarata UN diatas 8,5, bisa berbahasa asing secara aktif, berprestasi dan juara dalam lomba-lomba tingkat kota dan provinsi. prestasi budaya dan seni bagus, dan unggul dalam prestasi religi. Buktinya yaitu siswa-siswinya banyak memperoleh prestasi akademik dan prestasi non akademik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1880506220010 M. LUKMAN ALIFI
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:06
Last Modified: 28 Aug 2024 04:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51815

Actions (login required)

View Item View Item