NURUL HIDAYAH, 126205202145 (2024) PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM MENANAMKAN KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PADA PESERTA DIDIK KELAS 1 MI BAROKAH AT-TAHDZIB PURWODADI KRAS KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (317kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (453kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (727kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (589kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (392kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Menanamkan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Pada Peserta Didik Kelas 1 MI Barokah AtTahdzib Purwodadi Kras Kediri” yang ditulis oleh Nurul Hidayah, NIM.126205202145, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Jurusan Tarbiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I. Kata Kunci : Peran Guru, Fasilitator, Pendidikan Karakter, Disiplin, Tanggung Jawab Penelitian ini dilatar belakangi oleh menurunnya moral seorang peserta didik. Salah satu contohnya banyak peserta didik yang melakukan aksi bolos sekolah, tidak menaati peraturan yang berlaku, membuat kegaduhan dan lain sebagainya. Hal tersebut terjadi karena kurangnya peningkatan karakter disiplin tanggung jawab. Untuk mengurangi penurunan moral peserta didik MI Barokah At-Tahdzib Purwodadi Kras Kediri menawarkan program dan kegiatan yang dapat meningkatkan kedisplinan dan tanggung jawab. Hal itulah yang menjadi sebab banyak orang tua memercayakan anaknya menuntut ilmu di didik MI Barokah At-Tahdzib Purwodadi Kras Kediri. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab terhadap peserta didik kelas 1 di MI Barokah At-Tahdzib Purwodadi Kras Kediri. Adapun tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru sebagai fasilitator dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab terhadap peserta didik kelas 1 di MI Barokah At-Tahdzib Purwodadi Kras Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Peran Guru sebagai fasilitator dalam pembentukan karakter disiplin peserta didik kelas 1 MI Barokah At-Tahdzib Purwodadi Kras Kediri adalah dengan memfasilitasi dukungan moral dengan memotivasi peserta didik, memfasilitasi bimbingan berupa nasehat pentingnya sikap disiplin, memfasilitasi pengawasan terhadap kegiatan yang dilakukan di lingkungan sekolah agar tetap sesuai peraturan dan tata tertib, memfasilitasi penerapan karakter disiplin dengan memberikan contoh langsung. 2) Peran Guru sebagai fasilitator dalam pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik kelas 1 MI Barokah At-Tahdzib Purwodadi Kras Kediri adalah memfasilitasi media atau perantara dalam bertindak dengan cara memberi tugas untuk melatih tanggung jawab, memfasilitasi pengawasan kegiatan peserta didik baik di sekolah ataupun di rumah, memfasilitasi hukuman bagi yang melanggar peraturan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205202145 NURUL HIDAYAH |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 02:08 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 02:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51905 |
Actions (login required)
View Item |