PENGARUH PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCACAHAN SISWA KELAS X MAN 3 TULUNGAGUNG

KAMILA ULIL FADLILLAH, 126204202097 (2024) PENGARUH PENDEKATAN MULTI REPRESENTASI TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENCACAHAN SISWA KELAS X MAN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (833kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (140kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (313kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (448kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dengan judul “Pengaruh Pendekatan Multi Representasi Terhadap Kemampuan Representasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pencacahan Siswa Kelas X MAN 3 Tulungagung” oleh Kamila Ulil Fadlillah, NIM 126204202097, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang di bimbing oleh Bapak Dr. Miswanto M. Pd. Kata kunci: Multi Representasi, Kemampuan Representasi, Hasil Belajar Keberhasilan pembelajaran dapat dilihat dari kemampuan akhir siswa di akhir pembelajaran. Hal ini bergantung pada kemampuan guru menyampaikan pembelajaran agar siswa memahami materi dengan baik. Salah satu hal yang dapat membantu hal ini adalah dengan menggunakan pendekatan multi representasi. Dimana model ini menyajikan materi dalam berbagai macam bentuk lain sehingga lebih mudah dipahami oleh siswa sehingga kemampuan representasi siswa dan hasil belajar akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan multi representasi terhadap kemampuan representasi siswa pada materi pencacahan siswa kelas X MAN 3 Tulungagung. 2) mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan multi representasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pencacahan siswa kelas X MAN 3 Tulungagung. 3) mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan multi representasi terhadap kemampuan representasi dan hasil belajar siswa pada materi pencacahan siswa kelas X MAN 3 Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan multi representasi terhadap kemampuan representasi dan hasil belajar. Jenis penelitian yang dipakai adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X. Teknik sampling yang dipakai adalah cluster random sampling. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa kelas X B sebagai kelas eksperimen dan 20 siswa kelas X E sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes dalam bentuk uraian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t dan uji MANOVA. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh pendekatan pendekatan multi representasi terhadap kemampuan representasi siswa pada materi pencacahan siswa kelas X MAN 3 Tulungagung yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,017<0,05. 2) ada pengaruh pendekatan multi representasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pencacahan siswa kelas X MAN 3 Tulungagung ditunjukkan dengan nilai sig 0,009<0,05. 3) ada pengaruh pendekatan multi representasi terhadap kemampuan representasi dan hasil belajar siswa pada materi pencacahan siswa kelas X MAN 3 Tulungagung ditunjukkan dengan nilai sig pada Pillai’as Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root keseluruhan sebesar 0,035<0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 126204202097 KAMILA ULIL FADLILLAH
Date Deposited: 30 Aug 2024 08:01
Last Modified: 30 Aug 2024 08:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/51964

Actions (login required)

View Item View Item