PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI DI MIM DERMOSARI TRENGGALEK

ALWY ULIN NUHA, 17205163179 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI DI MIM DERMOSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (249kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)

Abstract

Alwy Ulin Nuha, 17205163179, Pengaruh Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas VI Di MIM Dermosari Trenggalek, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Tulungagung, Pembimbing: Prof. Dr. Sokip, S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Media Teka-teki silang, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar, rendahnya nilai peserta didik dalam muatan pelajaran IPA dan masih kurangnya variasi media pembelajaran. Media pembelajaran memiliki peran yang cukup penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar. Kehadiran media dalam proses pembelajaran akan membantu peserta didik dalam memahami materi ajar. Selama ini, media yang sering digunakan hanyalah berupa gambar. Berdasarkan latar belakang masalah dapat diidentifikasikan bahwa penelitian ini dilakukan karena adanya suatu masalah yakni: (1) Hasil belajar di bawah KKM pada saat ulangan harian pada pembelajaran IPA (2) Sumber belajar yang digunakan hanya berupa buku cetak, LKS dan media gambar (3) Permainan teka-teki silang yang masih jarang digunakan dalam proses pembelajaran.(4) dan peserta didik mengalami kesulitan dalam mengingat beberapa istilah-istilah ataupun bahasa ilmiah dalam pelajaran IPA. Sesuai dengan latar belakang dan identifikasi masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh media pembelajaran teka-teki silang terhadap motivasi belajar siswa kelas VI di MIM Dermosari Trenggalek, (2) Adakah pengaruh media pembelajaran teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa kelas VI di MIM Dermosari Trenggalek, (3) Adakah pengaruh media pembelajaran teka-teki silang terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VI di MIM Dermosari Trenggalek. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MIM Dermosari Trenggalek dan sampel yang diambil adalah siswa kelas VI-A dan VI-B. Instrumen penelitian menggunakan Angket dan test sedangkan untuk analisis data menggunakan N Gain Score dan Independent Sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh penggunaan media teka-teki silang terhadap motivasi belajar siswa di dalam kelas VI di MIM Dermosari Trenggalek. Hal ini berdasarkan perhitungan uji independent sample t test diperoleh nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000. Karena 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163179 ALWY ULIN NUHA
Date Deposited: 03 Sep 2024 16:08
Last Modified: 03 Sep 2024 16:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52062

Actions (login required)

View Item View Item