ALWY ULIN NUHA, 17205163179 (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI DI MIM DERMOSARI TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (217kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (249kB) |
||
|
Text
BAB II.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (157kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (133kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
Abstract
Alwy Ulin Nuha, 17205163179, Pengaruh Media Pembelajaran Teka-Teki Silang Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Kelas VI Di MIM Dermosari Trenggalek, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Tulungagung, Pembimbing: Prof. Dr. Sokip, S.Ag., M.Pd.I Kata Kunci: Pembelajaran IPA, Media Teka-teki silang, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar, rendahnya nilai peserta didik dalam muatan pelajaran IPA dan masih kurangnya variasi media pembelajaran. Media pembelajaran memiliki peran yang cukup penting dalam keberhasilan proses belajar mengajar. Kehadiran media dalam proses pembelajaran akan membantu peserta didik dalam memahami materi ajar. Selama ini, media yang sering digunakan hanyalah berupa gambar. Berdasarkan latar belakang masalah dapat diidentifikasikan bahwa penelitian ini dilakukan karena adanya suatu masalah yakni: (1) Hasil belajar di bawah KKM pada saat ulangan harian pada pembelajaran IPA (2) Sumber belajar yang digunakan hanya berupa buku cetak, LKS dan media gambar (3) Permainan teka-teki silang yang masih jarang digunakan dalam proses pembelajaran.(4) dan peserta didik mengalami kesulitan dalam mengingat beberapa istilah-istilah ataupun bahasa ilmiah dalam pelajaran IPA. Sesuai dengan latar belakang dan identifikasi masalah, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh media pembelajaran teka-teki silang terhadap motivasi belajar siswa kelas VI di MIM Dermosari Trenggalek, (2) Adakah pengaruh media pembelajaran teka-teki silang terhadap hasil belajar siswa kelas VI di MIM Dermosari Trenggalek, (3) Adakah pengaruh media pembelajaran teka-teki silang terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas VI di MIM Dermosari Trenggalek. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa MIM Dermosari Trenggalek dan sampel yang diambil adalah siswa kelas VI-A dan VI-B. Instrumen penelitian menggunakan Angket dan test sedangkan untuk analisis data menggunakan N Gain Score dan Independent Sample t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh penggunaan media teka-teki silang terhadap motivasi belajar siswa di dalam kelas VI di MIM Dermosari Trenggalek. Hal ini berdasarkan perhitungan uji independent sample t test diperoleh nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000. Karena 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163179 ALWY ULIN NUHA |
Date Deposited: | 03 Sep 2024 16:08 |
Last Modified: | 03 Sep 2024 16:08 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52062 |
Actions (login required)
View Item |