NOVENGGA DWI AFIF AVINKO, 12209193068 (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ICT (Information and Comunication Technology) TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMPN 1 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (287kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (261kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (410kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (445kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran ICT (Information and Comunication Technology) Terhadap Kemampuan Psikomotorik Siswa Kelas VIII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Novengga Dwi Afif Avinko, NIM. 12209193068, Pembimbing Dr. Nur Isroatul Khusna, M.Pd. Kata Kunci: ICT, IPS, Kemampuan Psikomotorik Penelitian ini berlatar belakang pada permasalahan dalam kegiatan belajar mengajar di SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. Penggunaan model pembelajaran dan media pembelajaran yang kurang bervariatif cenderung membuat siswa bosan saat mengikuti kegiatan pembelajaran. hal tersebut dapat mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Salah satunya yaitu penggunaan model pembelajaran yang sering diterapkan adalah dengan menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu dalam penelitian ini untuk mengatasi masalah diatas yang masih cukup bosan dengan penjelasan materi. Oleh karena itu peneliti dalam melakukan penelitian untuk menjabarkan tentang masalah diatas diperlukan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran ICT (Information and Comunication Technology) terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung dan juga untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran ICT (Information and Comunication Technology) terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. Pendekatan penelitian yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian yakni seluruh siswa kelas 8 SMPN 1 Kalidawir sebanyak 256 siswa. Sampel yang digunakan yakni kelas VIII A dan VIII D sebanyak 72 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes dan angket. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Sedangkan angket digunakan untuk mengukur kemampuan psikomotorik siswa. Sedangkan untuk mengukur keduanya menggunakan uji instrumen validitas dan reliabilitas, uji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji-t test. Hasil penelitian ini menunjukkan: Ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran ICT terhadap siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya penelitian pengambilan keputusan 0,000 ˂ 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima. Dimana signifikansi ˂ 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh ict terhadap siswa dengan melihat hasil dari uji SPSS, Ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran ICT terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMPN 1 Kalidawir Tulungagung. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya penelitian pengambilan keputusan 0,061 ˂ 0,05, maka Ho ditolak Ha diterima. Dimana signifikansi ˂ 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh ict terhadap kemampuan psikomotorik siswa dengan melihat hasil dari uji SPSS.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209193068 NOVENGGA DWI AFIF AVINKO |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 04:13 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 04:13 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52088 |
Actions (login required)
View Item |