AMELIA RIZKY KHOIRUNISA, 12404193075 (2024) LITERASI ZAKAT MELALUI PLATFORM DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN KESADARAN BERZAKAT (Studi Kasus pada NU CARE-LAZISNU Kabupaten Tulungagung). [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (484kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (690kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (442kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Literasi Zakat Melalui Platform Digital Untuk Meningkatkan Kesadaran Berzakat” yang ditulis oleh Amelia Rizky Khoirunisa, NIM. 12404193075, pembimbing oleh Dr. Ahmad Supriyadi, M.Pd.I Penelitian ini dilatarbelakangi oleh literasi zakat melalui platform digital di NU Care-LAZISNU Kabupaten Tulungagung ini karena lembaga tersebut memiliki beberapa platform media digital yang digunakan untuk melakukan literasi zakat. Fokus permasalahan dalam penulisan ini : 1)Bagaimana strategi literasi zakat melalui platform digital pada NU Care-LAZISNU Kabupaten Tulungagung untuk meningkatkan kesadaran berzakat? 2) Platform Digital apa saja yang digunakan NU Care-LAZISNU Kabupaten Tulungagung untuk meningkatkan kesadaran berzakat? 3)Bagaimana faktor pendorong dan faktor penghambat literasi zakat melalui platform digital yang disediakan oleh NU Care-LAZISNU Kabupaten Tulungagung? 4)Bagaimana dampak literasi dalam memunculkan kesadaran untuk berzakat? Penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi, platform digital apa saja yang digunakan, faktor pendorong dan faktor penghambat, dan dampak literasi zakat melalui platform digital yang dilakukan NU Care-LAZISNU Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan tahap kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yaitu ; 1) Strategi literasi zakat melalui platform digital sangat efektif untuk meningkatkan minat dari para muzakki. Dengan membuat konten lewat beberapa platform digital ini terbukti lebih efektif menambah minat dengan secara rutin mendokumentasikan konten-konten yang ada, disertai dengan perencanaan membuat tema zakat terlebih dahulu dan melakukan riset mengenai zakat berdasaran pengalaman dan contoh – contoh dimedia sosial. Dan bentuk pengawasan yang dilakukan biasanya berupa controlling untuk melihat situasi dan berjalannya program dari setiap konten literasi zakat .2) Platform digital ini terbukti lebih efektif digunakan untuk melakukan penyebaran konten-konten literasi zakat dengan melalui berbagai platform digital seperti Whatsapp, Instagram, Facebook, Youtube, Website, Tiktok, dan Kitabisa.com. 3)Upaya untuk mengatasi hambatan yang ada : Menyiapkan Tim IT yang lebih handal dan membangun media sosial lebih menarik dan menyentuk banyak lapisan masyarakat. 4) Membuat aplikasi infaq zakat dengan ada penambahan konten hiburan didalamnya. Literasi zakat ini sangat memberikan dampak positif. Kebanyakan muzakki masih membayar zakat berupa zakat fitrah. Serta dari data yang diperoleh peneliti ini juga memperoleh data dari tahun 2022 ke tahun 2023 mengalami peningkatan dari efek penerapan literasi zakat ini. Kata Kunci : Literasi Zakat, Platform Digital, Kesadaran
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bahasa Dan Sastra > Literasi Agama > Zakat |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat Dan Waqaf |
Depositing User: | 12404193075 AMELIA RIZKY KHOIRUNISA |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 07:50 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 07:50 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52099 |
Actions (login required)
View Item |