PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN KINERJA GURUTERHADAP MUTUNPENDIDIKAN DI MAN SE-KOTA KEDIRI 2023/2024

NUR PUTRI ASRI, 126207201003 (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DAN KINERJA GURUTERHADAP MUTUNPENDIDIKAN DI MAN SE-KOTA KEDIRI 2023/2024. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (693kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (273kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf

Download (228kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skipsi dengan judul “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Madrasah dan Kinerja Guru terhadap Mutu Pendidikan di MAN se- Kota Kediri” yang ditulis oleh Nur Putri Asri, NIM 126207201003, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam , Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Islam Sayyid Ali Rahmatullah tulungagung, yang di bimbing oleh Prof. Dr.Prim Masrikan Mutohar. M.Pd. Kata Kunci : Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kinerja Guru,Mutu Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis ada tidaknya pengaruh antara kepemimipinan kepala madrasah dan kinerja guru terhadap mutu pendidikan di MAN se-Kota Kediri. Kepemimpinan kepala madrasah adalah kemampuan seorang mempengaruhi , mendorong, membimbing,dan mennggerakan orang lain dalam proses pendidikan agar proses pembelajaran berjalan sesuai tujuan yang telah ditetapkan. Kinerja guru adalah hasil kerja yang dicapai seorang guru dalam proses pembelajaran.kepemimpinan kepala madrasah dan Kinerja guru merupakan faktor yang mendorong mutu pendidikan. Oleh karena itu peningkatan kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru perlu mendapat perhatian yang serius dari berbagai pihak dan sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan. Berdasarkan penjelasan diatas peneliti menulis rumusan masalah sebagai berikut : (1)Bagaimana konsisi kepemimpinan kepala madrasah di MAN se-Kota Kediri? (2) Bagaimana konsisi kinerja guru di MAN se-Kota Kediri? (3) Bagaimana konsisi mutu pendidikan di MAN se-Kota Kediri? (4) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara kepemimpinan kepala madrasah terhadap mutu pendidikan di MAN se-Kota Kediri? (5) Apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kinerja guru terhadap mutu pendidikan di MAN se-Kota Kediri? (6) Apakah ada pengaruh keduanya, antar kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru terhadap mutu pendidikan di MAN se-Kota Kediri ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non xix probability sampling dengan menggunakan rumus pengambilan sampel oleh Taro Yumane, skala pengukuran yang digunakan adalah skala liker. Teknik analisis data menggunakan uji validitas , uji reliabelitas, uji pra-syarat, uji analisis regresi linier sederhana, uji analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan koesisien determinasi. Jumplah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 70 responden yaitu 34 guru MAN 1 Kota Kediri, 36 guru MAN 2 Kota Kediri. Selanjutnya diolah menggunakan SPSS 22,0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) Kepemimpinan kepala madrasah di MAN se-Kota Kediri dalam kondisi “baik ”dengan skor uji TCR sebesar 89,73% .(2) Kinerja guru di MAN se-Kota Kediri dalam kondisi “sangat baik” dengan skor uji TCR sebesar 90,29% .(3) Kepemimpinan kepala madrasah di MAN se-Kota Kediri dalam kondisi “sangat baik” dengan skor uji TCR sebesar 90,08% berdasrkan tingkat capaian responden.(4)Terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala madrasah terhadap mutu pendidikan di MAN se-Kota Kediri berarti semakin baik kepemimpinan kepala madrasah akan semakin baik mutu pendidikan, berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 3,315 > 1,667 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan besar pengaruh dari nilai R Square sebesar 61.7%. (5) Terdapat pengaruh yang signifikan kinerja guru terhadap mutu pendidikan di MAN se- Kota Kediri berarti semakin baik kinerja guru akan semakin baik mutu pendidikan, berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t-hitung 3,716 > 1,667 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan besar pengaruh dari nilai R Square sebesar 63%.(6) Terdapat pengaruh yang signifikan kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru terhadap mutu pendidikan di MAN se-Kota Kediri berarti semakin baik kepemimpinan kepala madrasah dan kinerja guru akan semakin baik mutu pendidikan, berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F-hitung 71,880 > 2,74 F-tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima Dengan besar pengaruh dari nilai R Square sebesar 68,2%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah aliyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 126207201003 NUR PUTRI ASRI
Date Deposited: 02 Sep 2024 06:21
Last Modified: 02 Sep 2024 06:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52122

Actions (login required)

View Item View Item