IMPLEMENTASI ISLAMIC MARKETING ETHICS DAN PEMASARAN BANK SYARIAH DALAM PENINGKATAN LOYALITAS NASABAH BANK MUAMALAT INDONESIA (Studi Kasus Pada Bank Muamalat Indonesia KCP Ponorogo)

ATEEA DYAH ASTUTI, 126401201037 (2024) IMPLEMENTASI ISLAMIC MARKETING ETHICS DAN PEMASARAN BANK SYARIAH DALAM PENINGKATAN LOYALITAS NASABAH BANK MUAMALAT INDONESIA (Studi Kasus Pada Bank Muamalat Indonesia KCP Ponorogo). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (475kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (650kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (977kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (871kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Implementasi Islamic Marketing Ethics dan Pemasaran Bank Syariah dalam Peningkatan Loyalitas Nasabah Bank Muamalat Indonesia (Studi Kasus pada Bank Muamalat Indonesia KCP Ponorogo)” ini ditulis oleh Ateea Dyah Astuti dengan NIM. 126401201037 dan dosen pembimbing Dr. Muhamad Aqim Adlan, S.Ag., S.Pd., M.E.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan lembaga keuangan dalam bidang ekonomi terutama pada bank syariah yang menimbulkan sebuah persaingan sehingga bank syariah harus mampu bersaing dalam mempertahankan loyalitas nasabah. Bank syariah harus meningkatkan kinerjanya salah satunya dengan implementasi Islamic marketing ethics dan pemasaran pada bank syariah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi Islamic marketing ethics dan pemasaran bank syariah dalam peningkatan loyalitas nasabah pada Bank Muamalat Indonesia KCP Ponorogo. Selain itu, terkait kendala dan solusi yang dilakukan oleh Bank Muamalat Indonesia KCP Ponorogo juga menjadi fokus pada penelitian ini. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sedangkan sumber data berasal dari data primer yang diambil dari karyawan dan nasabah Bank Muamalat Indonesia KCP Ponorogo dan data sekunder terkait implementasi Islamic marketing ethics, pemasaran bank syariah, dan loyalitas nasabah. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini antara lain 1) Implementasi Islamic marketing ethics pada Bank Muamalat Indonesia KCP Ponorogo terdiri dari nilai-nilai yakni, Teistis (kejujuran dan tidak melakukan kecurangan kepada nasabah), Etis ( berpenampilan sesuai nilai-nilai Islam, ramah dan sopan dalam melayani nasabah), Realistis (tanggung jawab bekerja secara professional, fleksibel dan adaptif terhadap perkembangan bank syariah, dan menerima kritik beserta saran untuk kemajuan bank), Humanistis (keadilan dan kebijaksanaan dalam melayani nasabah). Implementasi Islamic marketing ethics membuat nasabah mempunyai loyalitas dengan setia menggunakan produk dan layanan, menambah produk dan layanan, merekomendasikan produk dan layanan kepada orang lain, dan kebal terhadap penawaran dari lembaga keuangan lain. 2) Kendala internal terdiri dari rotasi dan mutasi karyawan dalam waktu yang cepat dan kendala jaringan sistem yang menghambat proses pelayanan. Sedangkan kendala eskternal terdiri dari kurangnya gerai ATM dan persaingan dengan lembaga keuangan lain. 3) Solusi kendala internal adalah melakukan evaluasi kepada karyawan bank dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan melakukan peningkatan jaringan serta bersikap solutif selama melayani nasabah. Sementara solusi kendala eksternal yaitu meningkatkan produk digital dan mengedukasikan cashless melalui layanan digital, serta memperkuat strategi produk dan pelayanan pada Bank Muamalat Indonesia KCP Ponorogo. Kata kunci: bank syariah, Islamic marketing ethics, loyalitas nasabah, pemasaran

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Ekonomi > Sosial Ekonomi
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 126401201037 ATEEA DYAH ASTUTI
Date Deposited: 04 Sep 2024 14:29
Last Modified: 04 Sep 2024 14:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52176

Actions (login required)

View Item View Item