AGUNG RIYADI, 126207203078 (2024) MANAJEMEN KELAS DALAM PENINGKATAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMK TERPADU ASSALAM DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (789kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (363kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (347kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (476kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (631kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (246kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Riyadi, Agung. 2024. Manajemen Kelas dalam Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik di SMK Terpadu Assalam Durenan Trenggalek. Skripsi, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Drs. H. Imam Saerozi. M.HI Kata kunci: Manajemen kelas, Minat belajar, Peserta didik Penelitian ini dilatar belakangi oleh peran guru dalam mengelola segala aktifitas dilikungan kelas. Guru memiliki peran utama dalam menentukan berhasil dan tidaknya peserta didik dalam belajar. guru harus senantiasa memperhatikan dan menciptakan suasana yang kondusif di dalam kelas. Manajemen kelas menjadi keterampilan yang harus dimiliki guru dalam pembelajaran, oleh karena itu diperlukan manajemen kelas yang baik agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah 1)Bagaiaman Perencanaan manajemen kelas dalam peningkatan minat belajar peserta didik di SMK terpadu Assalam Durenan Trenggalek?. 2)Bagaimana Implementasi manajemen kelas dalam peningkatan minat belajar peserta didik di SMK Terpadu Assalam Durenan Trenggalek?. 3)Bagaiaman evaluasi manajemen kelas dalam peningkatan minat belajar peserta didik di SMK Terpadu Assalam Durenan Trenggalek?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian study kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipan pasif dan dokumentasi. Sumber data diperoleh dari 3P (person, place, and paper). Teknik analisis data diperoleh dengan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan teknik keabsahan data yang digunakan adalah dengan ketekunan pengamat, triangulasi (triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu), dan perpanjangan pengamatan. Tahap-tahap yang dilakukan yaitu dengan tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data dan tahap penyelesaian. Hasil penelitian manajemen kelas dalam peningkatan minat belajar peserta didik di SMK Terpadu Assalam Durenan menunjukan bahwa 1) Perencanaan manajemen kelas dalam peningkatan minat belajar peserta didik di SMK Terpadu Assalam Durenan Trenggalek dilakukan dengan merancang dan mempersipakan perangkat pembelajaran seperti: a) CP (Capaian Pembelajaran). b) ATP (Alur dan Tujuan Pembelajaran) c) Modul Ajar. 2) Implementasi manajemen kelas dalam peningkatan minat belajar peserta didik di SMK Terpadu Assalam Durenan Trenggalek yaitu: (a) Terlebih dahulu kenali dulu karakteristik peserta didik, (b) membuat peratuan dalam kelas, (c) Penataan ruang kelas yang rapi dan bersih. (d) Memotivasi peserta didik dan memberikan apresiasi kepada peserta didik. 3) Evaluasi manajemen kelas dalam peningkatan minat belajar peserta didik di SMK Terpadu Assalam Durenan Trenggalek yaitu dengan mengidentifikasi hambatan hambatan yang terjadi dalam manajemen kelas serta melakukan tindakan yang tepat dalam mengatai hambatan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Minat Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126207203078 AGUNG RIYADI |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 04:23 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 04:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52272 |
Actions (login required)
View Item |