CHOZINUL ABRORI, 2814133034 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLTV KELAS X SMKN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017

CHOZINUL ABRORI, 2814133034 (2017) CHOZINUL ABRORI, 2814133034 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI SPLTV KELAS X SMKN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (546kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (513kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (312kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran CTL Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Pada Materi SPLTV Kelas X SMKN 1 Bandung Tahun Ajaran 2016/2017” ini ditulis oleh Chozinul Abrori dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M. Pd. Kata kunci : Contextual Teaching And Learning (CTL), hasil belajar, sistem persamaan linear tiga variabel Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang tergolong masih rendah. Salah satu faktor penyebabnya adalah model pembelajaran konvensional yang tidak mengajak siswa untuk berpartisipasi secara aktif dan kritis dalam proses pembelajaran, sehingga dibutuhkan model pembelajaran yang inovatis. Dalam hal ini peneliti menghubungkan model pembelajaran CTL dengan hasil belajar matematika siswa di SMKN 1 Bandung Tulungagung. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui pengaruh yang signifikan model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar matematika siswa. 2) Mengetahui besarnya model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Dalam eksperimen ini peneliti menggunakan eksperimen murni, dan menggunakan dua kelas sebagai penelitian, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dengan jumlah 745 siswa. Sampel yang digunakan peneliti adalah kelas X TEI SMKN 1 Bandung Tulungagung yang terdiri dari kelas X TEI-1 dan X TEI-2. Karena di SMKN 1 Bandung kelas X TEI hanya terdiri dari dua kelas, maka peneliti menggunakan kelas tersebut sebagai obyek penelitian, yaitu kelas. Peneliti mengambil 20 siswa dari 37 siswa kelas X TEI-1 sebagai kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran CTL dan X TEI-2 dari 38 siswa diambil 20 siswa sebagai kelas kontrol dengan menerapkan model pembelajaran konvensional. Mata pelajaran yang diteliti adalah matematika dengan materi sistem persamaan linear tiga variabel. Dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi, tes dan observasi. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data terkait data sekolah dan data siswa. Metode tes digunakan untuk memperoleh data hasil belajar siswa pada materi sistem persamaan linear tiga variaabel. Sedangkan observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel atau 2,860 > 2,024 dan Sig. (2-tailed) = 0.007 < 0.05, 2) besar pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa adalah sebesar 0.95216, dan didalam tabel interpretasi cohen’s adalah 82%. Berdasarkan tabel interpretasi dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814133034 CHOZINUL ABRORI
Date Deposited: 14 Jun 2017 06:15
Last Modified: 14 Jun 2017 06:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5228

Actions (login required)

View Item View Item