EKO SULISTIYANTO, 1880501220050 (2024) PENGARUH KOMUNIKASI PENGAWAS MADRASAH, SUPERVISI AKADEMIK DAN SELF-EFFICACY (EFIKASI DIRI) GURU TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH ALIYAH NEGERI SE-KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (965kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (542kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (57kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (6MB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (881kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (753kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (622kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (533kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tesis dengan judul “Pengaruh Komunikasi Pengawas Madrasah, Supervisi Akademik, dan Self-Efficacy (Efikasi Diri) Guru terhadap Kinerja Guru Madrasah Aliyah Negeri Se Kabupaten Tulungagung” ini ditulis oleh Eko Sulistiyanto dengan pembimbing 1. Prof. Dr. Mujamil, M.Ag. dan 2. Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata Kunci: Komunikasi Pengawas Madrasah, Supervisi Akademik, Efikasi Diri, Kinerja Guru. Peningkatan kinerja guru merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Hal ini dikarenakan guru merupakan ujung tombak dalam proses pendidikan yang berhadapan langsung dengan peserta didik dalam proses pembelajaran. mutu pendidikan memiliki implikasi terhadap peningkatan kualitas kehidupan pribadi maupun masyarakat, hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan nasional yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Rumusan masalah dalam penelitian ini terbagi menjadi tiga kelompok, yaitu: 1) Kondisi masing-masing variabel pada lokus penelitian, 2) Pengaruh langsung antar variabel penelitian yang terdiri dari 6 rumusan masalah, dan 3) Pengaruh tidak langsung antar variabel penelitian yang terdiri dari 3 rumusan masalah. Penelitian ini bertujuan menguji berbagai teori tentang pengaruh komunikasi pengawas madrasah, supervisi akademik, dan self-efficacy (efikasi diri) guru terhadap kinerja guru. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Responden dalam penelitian ini adalah 141 orang guru pada Madrasah Aliyah Negeri se-Kabupaten Tulungagung. Data dianalisis berdasarkan model SEM-PLS (Structural Equation Model-Partial Least Square) menggunakan program aplikasi SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukkan kesimpulan bahwa: 1) Komunikasi Pengawas madrasah menunjukkan dalam kondisi baik menurut 52,5% responden, supervisi akademik madrasah menunjukkan dalam kondisi baik menrut 50,4% responden, self-efficacy (efikasi diri) guru menunjukkan dalam kondisi baik menurut 57,6% responden, kinerja guru menunjukkan kondisi baik menurut 70,8% reponden. 2) Semakin baik komunikasi pengawas madrasah, maka semakin baik pula supervisi akademik. 3) Semakin baik kualitas komunikasi pengawas madrasah, maka semakin baik pula self-efficacy (efikasi diri) guru. 4) Semakin baik kualitas komunikasi pengawas madrasah, maka semakin baik pula kinerja guru. 5) Semakin baik kualitas supervisi akademik, maka semakin baik pula self-efficacy (efikasi diri) guru. 6) semakin baik kualitas supervisi akademik, maka semakin baik pula kinerja. 7) semakin baik kualitas self-efficacy (efikasi diri) guru, maka semakin baik pula kinerja guru. 8) supervisi akademik mampu memediasi komunikasi pengawas madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. 9) self-efficacy (efikasi diri) guru mampu memediasi komunikasi pengawas madrasah dalam meningkatkan kinerja guru. 10) self-efficacy (efikasi diri) guru mampu memediasi supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Guru Kinerja Pegawai Pendidikan Islam > Madrasah aliyah Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 1880501220050 EKO SULISTIYANTO |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 08:52 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 08:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52402 |
Actions (login required)
View Item |