PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS III MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ENDAH SETYANINGSIH, 2817133043 (2017) PENERAPAN METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS III MI BENDILJATI WETAN SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (955kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (983kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Make a Match untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Peserta Didik Kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Endah Setyaningsih, NIM. 2817133043, pembimbing Fathul Mujib, M.Ag. Kata kunci: Metode make a match, keaktifan dan hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan dan hasil belajar Aqidah Akhlak kelas III MI Bendiljati Wetan. Hal ini disebabkan oleh peserta didik kurang memperhatikan penjelasan materi guru ketika dalam proses pembelajaran berlangsung, sehingga peserta didik menjadi kurang aktif. Kondisi tersebut disebabkan oleh cara mengajar guru yang masih menggunakan metode ceramah sehingga keaktifan dan hasil belajar peserta didik menurun. Oleh karena itu, peneliti menggunakan metode make a match sebagai salah satu metode yang dapat membantu pemahaman peserta didik dalam belajar dan menjadikan proses pembelajaran menyenangkan, sehingga keaktifan dan hasil belajar peserta didik meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji melalui penerapan metode make a match peserta didik kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji melalui penerapan metode make a match peserta didik kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendiskripsikan peningkatan keaktifan peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji melalui penerapan metode make a match peserta didik kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. (2) untuk peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi akhlak terpuji melalui penerapan metode Make a Match peserta didik kelas III MI Bendiljati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dalam PTK tahap penelitian tediri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Observasi digunakan untuk mengetahui keaktifan peserta didik, tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk mengamati kegiatan peserta didik terhadap proses pembelajaran dengan menggunakan metode make a match. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data pelaksanaan tindakan penelitian. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila pengguasaan materi peserta didik mencapai 75% dengan tujuan yang harus dicapai dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode make a match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Aqidah Akhlak. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan keaktifan peserta didik dari siklus I sebanyak 33 dengan prosentase keberhasilan 66% kemudian siklus II meningkat menjadi 40 dengan prosentase keberhasilan 80%. Dan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 67,26 dengan prosentase ketuntasan 54,29% sedangkan pada tes akhir siklus II meningkat menjadi 85,77 dengan prosentase ketuntasan 91,43%. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode make a match dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar Aqidah Akhlak kelas III di MI Bendijati Wetan Sumbergempol Tulungagung tahun ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133043 ENDAH SETYANINGSIH
Date Deposited: 14 Jun 2017 07:35
Last Modified: 14 Jun 2017 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5243

Actions (login required)

View Item View Item