ISNA NURIL FADHILAH, 2817133077 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AL-QURAN HADITS PESERTA DIDIK KELAS IV MI PSM BARAN MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (919kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (173kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Download (430kB) |
||
|
Text
BAB 3.pdf Download (254kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together(NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Al-Quran Hadits Peserta Didik Kelas IV MI PSM Baran Mojo Kediri” ini ditulis oleh Isna Nuril Fadhilah, NIM. 2817133077, dibimbing oleh Bapak Drs. H. Muh. Kharis. M.Pd. Kata Kunci : Kooperatif, Numbered Head Together, Hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar Al-Quran Hadits peserta didik kelas IV MI PSM Baran. Kondisi tersebut disebabkan oleh cara mengajar guru yang masih menggunakan metode ceramah dan kurang bervariatif sehingga membuat peserta didik kurang berperan aktif dan mudah bosan pada pembelajaran Al-Quran Hadits. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model pembelajaran kooperatiftipe Numbered Head Together(NHT) dalam pembelajaran Al-Quran Hadits karena dengan penerapan model tersebut, maka pembelajaran akan menyenangkan dan meningkatkan pemahaman serta keaktifan peserta didik sehingga apa yang menjadi tujuan atau sasaran dalam pembelajaran dapat dicapai dan hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana meningkatkan kemampuan kerjasama mata pelajaran Al-Quran Hadits materi Surah an-Nasr melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) peserta didik kelas IV MI PSM Baran Mojo Kediri?(2) Bagaimana meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran Al-Quran Hadits materi Surah an-Nasr melalui penerapan model pembelajaran kooperatid tipe Numbered Head Together (NHT) peserta didik kelas IV MI PSM Baran Mojo Kediri? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran Al-Quran Hadits materi Surah an-Nasr melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) peserta didik kelas IV MI PSM Baran Mojo Kediri? Adapun tujuan dari penelitian adalah (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kerjasama pada mata pelajaran Al-Quran Hadits materi Surah an-Nasr melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) peserta didik kelas IV MI PSM Baran Mojo Kediri. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan belajar mata pelajaran Al-Quran Hadits materi Surah an-Nasr melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) peserta didik kelas IV MI PSM Baran Mojo Kediri. (3) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar mata pelajaran Al-Quran Hadits materi Surah an-Nasr melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) peserta didik kelas IV MI PSM Baran Mojo Kediri. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) mengikuti model yang dikembangkan oleh Kemmis & Taggart. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain observasi, tes, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM mata pelajaran Al-Quran Hadits yaitu 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Model KooperatifTipe Numbered Head Together (NHT)pada mata pelajaran Al-Quran Hadits mengalami peningkatan sebagai berikut: 1) terjadi peningkatan kerjasama peserta didik siklus I sebesar 65% meningkat menjadi 78% pada siklus II. 2) terjadi peningkatan keaktifan peserta didik pada siklus I sebesar 76% meningkat menjadi 88% pada siklus II. 3) hasil belajar peserta didik pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 53,12% dengan nilai rata-rata 68,75 meningkat menjadi 81,25% dengan nilai rata-rata 82,96 dan berada pada kriteria baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 28,13%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together(NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Al-Quran Hadits peserta didik kelas IV MI PSM Baran Mojo Kediri.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817133077 ISNA NURIL FADHILAH |
Date Deposited: | 20 Jul 2017 06:57 |
Last Modified: | 20 Jul 2017 06:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5246 |
Actions (login required)
View Item |