Etty Fahriani, 2814133062 (2017) Pengaruh Metode Discovery Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017. [ Skripsi ]
Text
Cover.pdf Download (3MB) |
||
Text
Abstrak.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
Daftar isi.pdf Download (86kB) | Preview |
|
Text
Bab 1.pdf Download (277kB) |
||
|
Text
Bab 2.pdf Download (792kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (598kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (523kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 6.pdf Download (359kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (199kB) | Preview |
Abstract
Pemahaman dalam kegiatan pembelajaran matematika tidak akan pernah berhenti untuk dibicarakan. Hal ini karena matematika tersusun dari konsepkonsep yang abstrak, hirarkis, dan saling terkait. Mengingat pentingnya pemahaman konsep bagi siswa dalam mempelajari matematika, maka guru harus menentukan metode pembelajaran yang tepat sehingga memudahkan siswa dalam memahami konsep matematika. Oleh karenanya perlu pembelajaran yang membudayakan siswa aktif, siswa membuat pengertian melalui penemuan, sehingga melalui pengalamannya siswa akan dapat mengerti tentang konsep yang dipelajari dan dapat bertahan lama dalam ingatannya yaitu dengan metode discovery. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah, 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode discovery terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) untuk mengetahui besarnya pengaruh metode discovery terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa dua kelas di MTs Ma’arif bakung Udanawu Blitar yaitu VII A dan VII B, dimana kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan siswa berjumlah 40 dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Mata pelajaran yang diteliti adalah mata pelajaran matematika materi garis dan sudut. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan analisis data disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh metode discovery terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas VII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar Tahun Pelajaran 2016/2017. Hal ini ditunjukkan dengan �ℎ������
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 2814133062 Etty Fahriani |
Date Deposited: | 15 Jun 2017 04:16 |
Last Modified: | 15 Jun 2017 04:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/5249 |
Actions (login required)
View Item |