KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Sequential Eksploratory Mixed Method di MAN 1 Mojokerto)

AHMAD FAZA ZULFIKAR, 1880501220041 (2024) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU (Studi Sequential Eksploratory Mixed Method di MAN 1 Mojokerto). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (913kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (881kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kepala madrasah terhadap peningkatan kinerja guru di MAN 1 Mojokerto. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) dengan pendekatan studi eksploratory. Pada penelitian ini terdapat tiga variabel bebas yaitu kebijakan, perilaku, dan komunikasi kepemimpinan kepala madrasah, serta satu variabel terikat yaitu kinerja guru. Masalah yang diidentifikasi oleh peneliti adalah tingginya prestasi siswa di MAN 1 Mojokerto yang menunjukkan bahwa kinerja guru juga baik. Oleh karena itu, penelitian ini ingin mengeksplorasi sejauh mana faktor kepemimpinan berkontribusi terhadap peningkatan kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan kepala madrasah, yang mencakup kebijakan dalam meningkatkan profesionalitas guru, kedisiplinan guru, dan sarana prasarana, memiliki pengaruh signifikan terhadap kinerja guru. Selain itu, perilaku kepala madrasah yang berorientasi pada tugas maupun hubungan antar manusia juga mampu meningkatkan kinerja guru. Komunikasi yang efektif dari kepala madrasah, melalui motivasi dan keteladanan, turut berkontribusi dalam meningkatkan kinerja guru. Pada tahap kedua penelitian, ditemukan bahwa kebijakan kepala madrasah memiliki pengaruh terhadap kinerja guru dengan nilai t hitung sebesar 1,690, yang berarti kebijakan berpengaruh sebesar 75,5%. Perilaku kepala madrasah menghasilkan nilai t hitung sebesar 3,078, menunjukkan pengaruh sebesar 13,2%. Sementara itu, komunikasi kepala madrasah memiliki nilai t tabel sebesar 4,374, dengan pengaruh sebesar 28,3%. Selain itu, pengaruh secara tidak langsung antara kebijakan dengan kinerja guru melalui perilaku kepala madrasah mendapatkan nilai 0,254 > 0,05 sehingga hipotesis alternatif diterima. Pengaruh secara tidak langsung antara perilaku kepala madrasah dengan peningkatan kinerja guru melalui komunikasi kepala madrasah di MAN 1 Mojokerto mendapatkan nilai 0,263 > 0,05 sehingga hipotesis alternatif juga diterima. Kesimpulannya, hasil penelitian ini mempertegas bahwa kepemimpinan yang efektif merupakan faktor yang penting dalam meningkatkan kinerja guru di MAN 1 Mojokerto.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 1880501220041 AHMAD FAZA ZULFIKAR
Date Deposited: 10 Sep 2024 06:38
Last Modified: 10 Sep 2024 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52536

Actions (login required)

View Item View Item