PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIS MABDAUL ULUM NGADIRENGGO POGALAN TRENGGALEK

FATMALA SARI, 126205203258 (2024) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIS MABDAUL ULUM NGADIRENGGO POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (933kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (593kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (429kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V MIS Mabdaul Ulum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek” ini ditulis oleh Fatmala Sari, NIM. 126205203258, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci : Game Online, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Game Online merupakan sebuah permainan digital yang menggunakaninternet. Di dalam sebuah permainan game online pasti ada tantangan yang membuat orang terus menerus ketergantungan. Melihat hal tersebut Motivasi sangat dibutuhkan di dalam proses pembelajaran, karena jika tidak mempunyai motivasi belajar maka tidak akan melakukan aktivitas pembelajaran untuk mendapatkan prestasi belajar yang memuaskan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. adakah pengaruh game online terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V MIS Mabdaul Ulum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek? 2. adakah pengaruh game online terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V MIS Mabdaul Ulum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek? 3. adakah pengaruh game online terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas V MIS Mabdaul UIum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek?. Adapun tujuan dalam penelitian 1. untuk mengetahui pengaruh game online terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V MIS Mabdaul Ulum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek. 2. untuk mengetahui pengaruh game online terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V MIS Mabdaul Ulum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek. 3. untuk mengetahui pengaruh game online terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas V MIS Mabdaul Ulum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek. Pendekatan penelitian yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eks-postfakto (ex-postfacto) tipe correlational research. Populasi dalam penelitian ini adalah peseta didik kelas V A dan V B MIS Mabdaul Ulum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penilitian menunjukkan bahwa: (1) game online mempengaruhi motivasi belajar kelas V MIS Mabdaul Ulum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek. Berdasarkan uji Multivariate test menunjukkan bahwa game online bermakna memengaruhi motivasi belajar dengan P Value 0,002 dan F sebesar 6,110. Besarnya R Squared pada game online terhadap motivasi belajar siswa sebesar 70,9%. (2) game online mempengaruhi prestasi belajar kelas V MIS Mabdaul Ulum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek. Berdasarkan uji Multivariate test menunjukkan bahwa bermain game online bermakna mempengaruhi prestasi belajar dengan P Value 0,000 dan F sebesar 3.571. Besarnya R Squared pada game online terhadap prestasi belajar 67%. (3) game online mempengaruhi motivasi dan prestasi belajar kelas V MIS Mabdaul Ulum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek. Berdasarkan uji signifikan multivariate hasill analisis menunjukan bahwa F untuk Pillae Trace sebesar 0,000, WilkLambada sebesar 0.039, Hotelling Trace sebesar 0,008, Roy’s Largest Root 0.001 memiliki nilai signifikansi <0,05. Artinya, harga F untuk Pillae Trace, Wilk Lambada, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root semua berpebgaruh signifikan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Motivasi Belajar
Pendidikan > Peserta Didik
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 126205203258 FATMALA SARI
Date Deposited: 04 Sep 2024 11:17
Last Modified: 04 Sep 2024 11:17
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52549

Actions (login required)

View Item View Item