FATMALA SARI, 126205203258 (2024) PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS V MIS MABDAUL ULUM NGADIRENGGO POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (933kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (782kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (485kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (593kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (652kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (635kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (429kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V MIS Mabdaul Ulum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek” ini ditulis oleh Fatmala Sari, NIM. 126205203258, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci : Game Online, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Game Online merupakan sebuah permainan digital yang menggunakaninternet. Di dalam sebuah permainan game online pasti ada tantangan yang membuat orang terus menerus ketergantungan. Melihat hal tersebut Motivasi sangat dibutuhkan di dalam proses pembelajaran, karena jika tidak mempunyai motivasi belajar maka tidak akan melakukan aktivitas pembelajaran untuk mendapatkan prestasi belajar yang memuaskan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. adakah pengaruh game online terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V MIS Mabdaul Ulum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek? 2. adakah pengaruh game online terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V MIS Mabdaul Ulum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek? 3. adakah pengaruh game online terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas V MIS Mabdaul UIum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek?. Adapun tujuan dalam penelitian 1. untuk mengetahui pengaruh game online terhadap motivasi belajar peserta didik kelas V MIS Mabdaul Ulum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek. 2. untuk mengetahui pengaruh game online terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V MIS Mabdaul Ulum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek. 3. untuk mengetahui pengaruh game online terhadap motivasi dan prestasi belajar peserta didik kelas V MIS Mabdaul Ulum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek. Pendekatan penelitian yang digunakan yakni pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eks-postfakto (ex-postfacto) tipe correlational research. Populasi dalam penelitian ini adalah peseta didik kelas V A dan V B MIS Mabdaul Ulum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, tes, dan dokumentasi. Hasil penilitian menunjukkan bahwa: (1) game online mempengaruhi motivasi belajar kelas V MIS Mabdaul Ulum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek. Berdasarkan uji Multivariate test menunjukkan bahwa game online bermakna memengaruhi motivasi belajar dengan P Value 0,002 dan F sebesar 6,110. Besarnya R Squared pada game online terhadap motivasi belajar siswa sebesar 70,9%. (2) game online mempengaruhi prestasi belajar kelas V MIS Mabdaul Ulum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek. Berdasarkan uji Multivariate test menunjukkan bahwa bermain game online bermakna mempengaruhi prestasi belajar dengan P Value 0,000 dan F sebesar 3.571. Besarnya R Squared pada game online terhadap prestasi belajar 67%. (3) game online mempengaruhi motivasi dan prestasi belajar kelas V MIS Mabdaul Ulum Ngadirenggo Pogalan Trenggalek. Berdasarkan uji signifikan multivariate hasill analisis menunjukan bahwa F untuk Pillae Trace sebesar 0,000, WilkLambada sebesar 0.039, Hotelling Trace sebesar 0,008, Roy’s Largest Root 0.001 memiliki nilai signifikansi <0,05. Artinya, harga F untuk Pillae Trace, Wilk Lambada, Hotelling Trace, Roy’s Largest Root semua berpebgaruh signifikan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan > Peserta Didik Pendidikan > Prestasi Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 126205203258 FATMALA SARI |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 11:17 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 11:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52549 |
Actions (login required)
View Item |