PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 KAMPAK KABUPATEN TRENGGALEK

HUSNUL KHOTIMAH, 126201202179 (2024) PERAN GURU SEBAGAI FASILITATOR DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 KAMPAK KABUPATEN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (973kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (670kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (633kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (613kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (658kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Sebagai Fasilitator Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Kampak Kabupaten Trenggalek” ditulis oleh Husnul Khotimah , NIM 126201202179, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing: Dr. Mohammad Ja’far As-Shodiq, S.Kom., M.Pd.I. Kata Kunci: Peran Guru, Fasilitator, Pendidikan Agama Islam Pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam membantu memajukan kualitas sumber daya manusia dalam mewujudkan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Melalui pendidikan Islam yakni pendidikan yang membentuk kepribadian muslim yang sesuai dengan syariat ajaran Islam. Sebagaimana yang telah tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional terkandung makna peran guru sebagai fasilitator, terutama bagaimana guru Terutama dalam kurikulum merdeka peran guru sebagai fasilitator sangat diperlukan guna tercapainya tujuan pembelajaran secara maksimal. Penelitian ini memuat mengenai peran guru sebagai fasilitator dalam beberapa aspek yakni aspek pedagogis, aspek psikologis dan aspek kognitif. Fokus penelitian ini yaitu bagaimana peran guru sebagai fasilitator pada aspek pedagogis, aspek psikologis dan aspek kognitif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kampak Kabupaten Trenggalek. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran guru sebagai fasilitator pada aspek pedagogis, aspek psikologis dan aspek kognitif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kampak Kabupaten Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus yang mengharuskan peneliti terjun langsung ke lapangan. Lokasi penelitian yakni SMPN 1 Kampak yang beralamat di Jl. Anggrek No. 1 Kedungruwo, Desa Bendoagung, Kecamatan Kampak, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Sumber data penelitian didapat melalui sumber data primer yakni wawancara dengan kepala sekolah, waka kurikulum, guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, wali kelas dan siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Kampak Kabupaten Trenggalek. Sumber data sekunder didapat melalui observasi dan dokumentasi. Tehnik pengumpulan data yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi. Hasil penelitian ini yaitu (1) Peran guru sebagai fasilitator pada aspek pedagogis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII A SMPN 1 Kampak Kabupaten Trenggalek yakni secara umum guru berperan dominan dalam mengamati, mendalami dan menilai karakteristik peserta didik di dalam kelas demi berlangsungnya kegiatan pembelajaran yang efektif. Pada aspek pedagogis peran guru meliputi pemahaman karakteristik siswa, penggunaan teori dan prinsip pembelajaran, pengembangan kurikulum dan perencanaan pembelajaran, penilaian dan evaluasi pembelajaran, pengembangan potensi peserta didik, serta komunikasi dan interaksi dengan peserta didik. (2) Peran guru sebagai fasilitator pada aspek psikologis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII A SMPN 1 Kampak Kabupaten Trenggalek yakni secara umum guru berusaha untuk mengetahui kemampuan intelektual, sikap dan emosional siswa di awal. Mempelajari tahapan perkembangan mental pada usia remaja dan cara untuk mengatasinya dalam menemukan jati diri lewat kegiatan positif. Pada aspek psikologis peran guru meliputi pelayanan dalam pendidikan dan proses pembelajaran, pengenalan dan pemahaman siswa, mengarahkan kontrol emosional siswa, memotivasi dan mencontohkan perilaku positif, pembinaan sikap, nilai religius dan keterampilan sosial, mengembangkan kreativitas dan kritisitas peserta didik serta penghubung antara siswa dengan orang tua. (3) Peran guru sebagai fasilitator pada aspek kognitif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VII A SMPN 1 Kampak Kabupaten Trenggalek yakni secara umun dalam ranah kognitif guru menganut pada kurikulum yang berlaku dari pemerintah, saat ini digunakan kurikulum merdeka. Memberikan motivasi bahwa menuntut ilmu harus di awali dengan niat sungguh-sungguh sehingga nantinya ilmu itu akan bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain. Pada aspek kognitif peran guru meliputi membantu peserta didik mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi dan mencipta dari pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 126201202179 HUSNUL KHOTIMAH
Date Deposited: 04 Sep 2024 10:24
Last Modified: 04 Sep 2024 10:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52552

Actions (login required)

View Item View Item