PENDIDIKAN KARAKTER DALAM QS. LUQMAN [31]: 13-19 PERSPEKTIF WAHBAH ZUHAILI DALAM KITAB TAFSIR AL-MUNIR

SITI FARICHATUN NISA', 126301202103 (2024) PENDIDIKAN KARAKTER DALAM QS. LUQMAN [31]: 13-19 PERSPEKTIF WAHBAH ZUHAILI DALAM KITAB TAFSIR AL-MUNIR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (705kB) | Preview
[img] Text
abstrak.pdf

Download (331kB)
[img]
Preview
Text
daftar isi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text
bab 1.pdf

Download (329kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (227kB) | Preview
[img] Text
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek yang sakral dalam perjalanan hidup manusia, baik itu dari segi fisik maupun psikis. Dikatakan sakral karena ia berperan penting dalam terbentuknya suasana keluarga, lingkungan maupun masyarakat yang harmonis, beradab serta berkualitas. Untuk dapat mewujudkannya, salah satunya bisa mengacu pada cara pengajaran para pendidik terdahulu yang dianggap berhasil (Para Nabi, waliyullah dan lainnya), yang dalam penelitian kali ini diwakilkan oleh Luqman; sosok yang penuh hikmah serta berkarakter. Tujuan dari penelitian ini yaitu agar orang tua atau pendidik dapat menerapkan pendidikan moral yang optimal melalui interpretasi dari QS. Luqman [31]:13-19 dari sudut pandang Tafsir Al-Munir dengan cara mempelajari, meneladani dan menanamkan nilai-nilai pendidikan moral yang termuat pada ayat tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis literatur kepustakaan (library research) dengan memakai pendekatan deskriptif-analitis melalui sumber utama yaitu Kitab Tafsir Al-Munir karya Wahbah Zuhaili, serta sumber pendukung berupa buku, skripsi, jurnal serta lainnya yang masih relevan dengan tema penelitian. Hasil yang didapat dari analisis penelitian ini ialah terdapat 10 nilai pendidikan moral yang terbagi dalam 7 perintah dan 3 larangan yang mencakup masalah ketauhidan, keagamaan, serta etika dalam bermasyarakat. Nilai pendidikan moral ini berupa birrul walidain dan mempergaulinya dengan baik, bersyukur kepada Allah SWT, menyampaikan rasa terima kasih kepada ayah ibu, mengikuti jalan para orang shalih terdahulu (Nabi, dll), menegakkan sholat, amar ma’ruf nahi munkar, etika berjalan, larangan syirik, larangan memandang remeh pada tiap perbuatan serta larangan bersikap sombong serta acuh tak acuh; lengkap dengan pengaplikasiannya dalam rutinitas sehari-hari.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama > Tafsir Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Ilmu Al-Quran Dan Tafsir
Depositing User: 126301202103 SITI FARICHATUN NISA'
Date Deposited: 04 Sep 2024 11:06
Last Modified: 04 Sep 2024 11:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/52565

Actions (login required)

View Item View Item